counter

KPAI: Mudik momentum kebersamaan ortu-anak

KPAI: Mudik momentum kebersamaan ortu-anak

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Saat mudik orang tua memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengajarkan banyak hal kepada anaknya, misalnya tentang makna silaturahmi ketika anak bertemu dengan keluarga besar ketika mudik
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengatakan mudik lebaran merupakan momentum kebersamaan antara orang tua dengan anak.

"Mudik merupakan momentum kebersamaan orang tua dengan anak yang penting sebagai wahana pengasuhan," kata Rita dalam jumpa pers yang diadakan di Jakarta, Rabu (29/5).

Rita mengatakan saat mudik orang tua memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengajarkan banyak hal kepada anaknya, misalnya tentang makna silaturahmi ketika anak bertemu dengan keluarga besar ketika mudik.

Namun, momentum mudik sebagai liburan harus disikapi orang tua dengan melakukan pola pengasuhan yang proporsional. Waktu-waktu kebersamaan orang tua dan anak saat mudik dan liburan jangan juga menjadikan orang tua terlalu memanjakan anak.

Khusus untuk anak balita dan usia di bawah delapan tahun, Rita mengatakan perlu mendapatkan prioritas di berbagai fasilitas umum saat mudik.

"Anak perlu merasa nyaman ketika mudik. Semua pihak harus memahami prinsip-prinsip perlindungan anak," tuturnya.

KPAI mengadakan jumpa pers tentang mudik ramah anak menghadirkan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi.

Dari KPAI, selain Wakil Ketua Rita Pranawati, juga hadir Ketua Susanto, serta tiga komisioner, yaitu Retno Listyarti, Susianah, dan Ai Maryati Solihah. 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BPJS Kesehatan tingkatkan pelayanan selama mudik lebaran 1440 h

Komentar