counter

KPAI minta ortu pastikan kenyamanan anak saat mudik

KPAI minta ortu pastikan kenyamanan anak saat mudik

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti. (ANTARA/Dewanto Samodro)

Dari pada membeli makanan dan minuman di perjalanan yang orang tua tidak tahu kebersihannya, lebih baik mempersiapkan sejak dari rumah,
Jakarta (ANTARA) - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti meminta orang tua memastikan kenyamanan anak saat mudik Lebaran, baik ketika menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

"Orang tua perlu mempersiapkan makanan dan minuman kesukaan anak sebagai camilan di perjalanan," kata dia dalam jumpa pers yang diadakan di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan makanan dan minuman kesukaan anak perlu dipersiapkan agar anak tidak merasa lapar di perjalanan sambil orang tua tetap memastikan gizi dan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak.

"Dari pada membeli makanan dan minuman di perjalanan yang orang tua tidak tahu kebersihannya, lebih baik mempersiapkan sejak dari rumah," ujarnya.

Untuk mengantisipasi agar anak tidak bosan sepanjang perjalanan, orang tua bisa membawa buku-buku, permainan edukatif atau menyetel lagu-lagi anak di kendaraan pribadinya.

Retno meminta orang tua menghindari penggunaan gawai sebagai sarana hiburan anak saat perjalanan mudik, apalagi digunakan sepanjang perjalanan.

"Jangan biarkan anak menggunakan gawai sepanjang perjalanan karena dapat berdampak buruk kepada anak," katanya.

Orang tua juga perlu mempersiapkan obat-obatan anak untuk berjaga-jaga serta memberikan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh anak saat perjalanan mudik.

"Obat dan vitamin dewasa juga perlu diberikan kepada orang tua yang mengemudikan kendaraan. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena orang tua yang mengemudi tidak sehat," tuturnya.

KPAI mengadakan jumpa pers tentang mudik ramah anak menghadirkan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi.

Dari KPAI, hadir Ketua Susanto, Wakil Ketua Rita Pranawati, serta tiga komisioner, yaitu Retno Listyarti, Susianah, dan Ai Maryati Solihah.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BPJS Kesehatan tingkatkan pelayanan selama mudik lebaran 1440 h

Komentar