Pendonor juga mendapatkan keberkahan berbagi, dan yang terakhirnya hadiahnya,
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menyiapkan voucher belanja bagi pengunjung yang ikut berpartisipasi dalam program donor darah di Pekan Raya Jakarta (PRJ), JiExpo Kemayoran.

"Ini baru pertama kali kita buat program seperti ini, pendonor bisa dapat bingkisan barang dan voucher belanja," kata Kepala Bidang Pengadaan Darah UTD PMI DKI Jakarta dr Endang Pratiwi kepada ANTARA di Jakarta, Rabu (29/5).

Menurut Endang, pendonor akan mendapatkan tiga keuntungan, yang pertama tentunya kegiatan donor darah meningkatkan kebugaran dan kesehatan.

"Pendonor juga mendapatkan keberkahan berbagi, dan yang terakhirnya hadiahnya," katanya.

PMI membuat program ini agar partisipasi masyarakat untuk menjadi pendonor lebih tinggi dan saat cuti lebaran nanti tidak kekurangan stok darah.

"Kemarin kita sempat buka di pusat perbelanjaan Thamrin City, dari 21-24 Mei ternyata pendonornya kosong, belajar dari situ kali ini kita siapkan give away,” katanya.

Gerai gerai unit transfusi darah PMI ada di PRJ pada tanggal 27 Mei-1 Juni dan 8-15 Juni 2019 di Hall B1 JiExpo. Selain di PRJ, PMI juga membuka layanan transfusi darah di Masjid ITC Cempaka, Masjid Darussalam, dan Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia.

"Nah di lokasi-lokasi selain PRJ kita siapkan bahan pokok seperti minyak goreng, gula dan beberapa bahan makanan lainnya sebagai bingkisan untuk pendonor," ujar dia.

Dengan berbagai program tersebut, PMI berharap mempu mengatasi pasokan darah yang turun drastis 60 sampai 80 persen dari sekitar 800 kantong per hari pada hari biasa menjadi 200 sampai 300 kantong per hari selama Ramadhan sementara permintaan darah per hari untuk wilayah Ibu Kota berkisar 600 kantong.

Direktur RSUD Sawah Besar dr Budi Wibowo mengatakan kebutuhan rumah sakit sampai saat ini masih bisa dilayani PMI dengan baik untuk peemintaan transfusi darah bagi pasien yang mendapatkan tindakan medis operasi, atau penyakit kronis.

"Seperti gagal ginjal, kanker dan penyakit kronis lainnya, kalau kasus kecelakaan selama cuti lebaran meningkat ini bisa menambah kebutuhan darah. Golongan darah yang sulit sampai sekarang masih AB, kalau yang lainnya relatif, bergantung stok PMI," ujar dia.

Baca juga: Stok darah di Banjarnegara aman hingga H+7 Lebaran
Baca juga: PMI Tangerang miliki 805 kantong darah selama Ramadhan


Pewarta: Virna P Setyorini/Boyke LW
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019