Mudik Bareng BUMN 2019 merupakan bentuk tanggung jawab sosial yang ternyata diminati para pegawai dan keluarganya, para pekerja proyek, serta masyarakat umum sehingga target 2.300 pemudik dapat dipenuhi dengan cepat.
Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk memberangkatkan 2.300 pemudik secara gratis dalam program Mudik Bareng BUMN dengan 52 armada bus pada Lebaran 2019.

Mudik gratis yang digelar perseroan untuk kedua kali itu diikuti oleh pegawai Corporate Office, unit bisnis, anak perusahaan beserta keluarga dan para pekerja di berbagai proyek Waskita Karya di Jabodetabek, Jawa Timur, dan Sumatera.

"Mudik Bareng BUMN 2019 merupakan bentuk tanggung jawab sosial yang ternyata diminati para pegawai dan keluarganya, para pekerja proyek, serta masyarakat umum sehingga target 2.300 pemudik dapat dipenuhi dengan cepat," kata Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Putra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Putra berharap program tersebut dapat mempermudah dan memperlancar arus mudik, mengurangi tingkat kecelakaan di jalur darat, serta meringankan beban para pemudik dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Pelepasan peserta mudik Waskita Karya dilaksanakan serentak pada Kamis, 30 Mei 2019, dari berbagai lokasi. Namun, beberapa unit bisnis telah memudikkan pegawainya pada 26 dan 29 Mei 2019, yaitu yang berasal dari Proyek Bandara Minangkabau dan Proyek Tol Kriyan-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).

Selain satu unit bus dilepas di Gelora Bung Karno, sebanyak 51 unit bus lainnya dilepas dari 11 titik keberangkatan baik di Jabodetabek, Jawa Timur, maupun Sumatera.

Ke-11 titik keberangkatan tersebut berada di Waskita Rajawali Tower, Cimanggis-Cibitung Tollways (CCTW) Cileungsi, Tambun, Bogor, BP Cinere, Subang, Karawang, Nines Apartement, Yukata Apartement, Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan Padang.

Mudik Bareng Waskita Karya 2019 menyediakan fasilitas bagi para pegawai dan pekerja proyek untuk menuju ke kampung halaman dengan berbagai rute di Pantai Utara Jawa seperti Cirebon, Brebes,Tegal, Pekalongan, Semarang, dan Surabaya.

Rute jalur selatan Jawa yang dilintasi dan menjadi tujuan pemudik adalah Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Ngawi, Madiun, Blitar, dan Tulungagung.

Pada mudik Lebaran 2019 ini, Waskita Karya kembali mengoptimalkan peran ruas-ruas tol Trans Jawa yang dikelola untuk dapat difungsikan sebagai jalur mudik di antaranya ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 , ruas Tol Pemalang-Batang, ruas Tol Batang-Semarang, ruas Tol Salatiga-Kartasura, serta ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Pemanfaatan ruas-ruas tol tersebut dimaksudkan untuk memperlancar dan mempermudah para pemudik untuk menuju kampung halaman masing-masing.
Baca juga: Kementerian BUMN angkut 52 ribu pemudik kapal laut BUMN Mudik Bareng
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019