Pada hari yang sama, tercatat sebanyak 14.348 orang penumpang domestik tiba di Bandara Ngurah Rai
Badung (ANTARA) - Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat sebanyak 10.804 orang penumpang meninggalkan Pulau Bali, melalui bandara tersebut pada "H-7" Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019.

"Pada hari yang sama, tercatat sebanyak 14.348 orang penumpang domestik tiba di Bandara Ngurah Rai," ujar Communication and Legal Section Head Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Arie Ahsanurrohim, di Mangupura, Kamis.

Jumlah penumpang yang meninggalkan Pulau Bali tersebut, jika dibandingkan dengan data penumpang periode yang sama tahun 2018 yaitu sebanyak 13.540 orang penumpang, mengalami penurunan 20,21 persen.

Sedangkan jumlah penumpang yang tiba di Bali, jika dibandingkan dengan data penumpang periode yang sama tahun 2018 yaitu sebanyak 14.478 orang penumpang, mengalami penurunan sebesar 0,90 persen.

Arie Ahsanurrohim menjelaskan, pada "H-7" Lebaran 2019, juga tercatat sebanyak 112 pesawat udara tiba mengangkut penumpang ke Bali dan 110 pesawat udara mengangkut penumpang meninggalkan Pulau Bali.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra bersama sejumlah pejabat terkait melakukan peninjauan di kawasan Terminal domestik bandara tersebut.

Dalam kunjungan itu, Dewa Indra mendapatkan pemaparan dan mengamati langsung Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 dan pos kesehatan yang juga tersedia.

Ia mengatakan, Bandara Ngurah Rai siap melayani para penumpang dalam masa arus mudik Lebaran 2019 ini.

"Saya lihat posko sudah siap, petugas pengamanan juga siap mengantisipasi gangguan keamanan. Tim medis juga tersedia dengan mobil ambulans yang juga siap melakukan evakuasi apabila terjadi hal darurat. Masyarakat tidak perlu khawatir," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019