Kalau naik bus, biaya mahal, harus sering berganti, maka untuk praktis terpaksa naik sepeda motor ke kampung istri di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi,
Tangerang (ANTARA) - Sejumlah pemudik dari arah Lampung mengunakan sepeda motor melewati Kabupaten Tangerang, Banten, memanfaatkan areal SPBU setempat untuk istirahat setelah melakukan penjalanan jauh.

"Ketika naik motor sudah lelah dan mengantuk tidak dapat dipaksakan ," kata Masri Kaspin (38), warga Desa Pinang Jaya, Kecamatan Kimiling, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung di Tangerang, Kamis.

Masri menyebutkan untuk melanjutkan perjalanan tidak mungkin karena akan berbahaya, maka istirahat adalah upaya terbaik.

Masri bersama istrinya ditemui di SPBU Desa Cikande, Kecamatan Jayanti hendak mudik ke Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Dia menambahkan hanya dapat istirahat di atas kapal feri penyeberangan Bakauheni-Merak setelah itu perjalanan dilanjutkan.

Ketika sampai di SPBU Cikande, dirinya mengalami kelelahan dan melihat ada musalla maka istirahat sejenak di pelataran tempat ibadah itu.

Dia menambahkan khawatir mengalami kecelakaan bila perjalanan terus dilanjutkan dalam kondisi tubuh belum segar apalagi mengantuk.

Pendapat senada juga diutarakan Jumran Rain (32) penduduk Desa Kuripan, Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus, Lampung ditemui di SPBU Cikupa setelah mengisi BBM untuk sepeda motornya.

Hal serupa juga disampaikan Syahnar Rais (29) warga Desa Pino Baru, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu yang hendak mudik ke Bekasi mengunakan sepeda motor.

"Kalau naik bus, biaya mahal, harus sering berganti, maka untuk praktis terpaksa naik sepeda motor ke kampung istri di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi," kata bapak satu anak itu.

Pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju beberapa kota di Sumatera mengunakan sepeda motor harus melawati jalan Raya Serang.

Hal tersebut karena jalan itu merupakan jalur mudik nasional non tol yang harus dilalui pengendara dari arah Jakarta dan sekitarnya atau sebaliknya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang, Kompol Ari Satmoko mengatakan telah menghimbau kepada pemilik SPBU untuk menyediakan ruangan istirahat bagi pemudik.

"Ini merupakan bagian dari pelayanan karena pengendara telah membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU tersebut," ujarnya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada pemilik SPBU karena telah menyediakan tempat istirahat dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas terhadap pemudik.

Padahal sebelumnya, Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif menghimbau warga agar tidak mengunakan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman dengan alasan cuaca dan potensi kecelakaan.

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019