Painan, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menggelar operasi pasar terpadu dengan menyediakan kebutuhan pokok berupa telur ayam, daging ayam dan daging sapi dengan harga terjangkau selama Ramadhan 1440 Hijriyah.

"Penyediaan kebutuhan pokok digelar di beberapa titik di Pesisir Selatan termasuk di rumah dinas bupati," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita di Painan, Sabtu.

Ia menambahkan kebutuhan pokok dijual agak rendah jika dibanding dengan harga pasaran karena disubsidi oleh Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni dan pihaknya sehingga terjangkau oleh masyarakat.

Disediakannya berbagai kebutuhan juga dimaksud untuk meminimalkan terjadinya lonjakan harga di pasaran serta memastikan masyarakat tetap mengosumsi panganan terjangkau dengan kondisi yang aman selama ramadhan.

Khusus telur ayam pihaknya menyiapkan 2.400 paket yang masing-masing paket terdiri dari 30 butir telur, selanjutnya ayam potong sebanyak 2.000 ekor dan daging sapi sebanyak 800 kilogram.

"Kami bersyukur setiap kegiatan digelar selalu mendapat respon yang baik dari masyarakat, bahkan dalam hitungan satu sampai dua jam semua kebutuhan yang disediakan habis terjual," sebutnya.

Sembari menjual barang kebutuhan pada kesempatan itu pihaknya juga sekaligus mengimbau agar masyarakat senantiasa mengosumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Tidak hanya menyediakan barang kebutuhan dapur yang terjangkau sepanjang ramadhan dan ketika memasuki lebaran tahun ini pihaknya juga akan memaksimalkan pengawasan di tempat pemotongan hewan sehingga daging yang beredar di pasaran aman dikosumsi masyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di 15 kecamatan di daerah setempat dengan menerjunkan tim terpadu.

"Kami memastikan bahwa sapi-sapi yang akan dipotong dalam keadaan sehat sehingga tidak berdampak buruk bagi masyarakat yang mengonsumsinya," jelasnya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019