Yangon (ANTARA) - Ratusan pendukung pendeta nasionalis Myanmar, Wirathu,  Kamis, memprotes surat perintah penangkapan atas pendeta tersebut untuk dakwaan menghasut.

Aksi protes itu digelar di pagoda paling suci umat Buddha di negeri itu. 

Wirathu telah lama dikenal karena retorika kerasnya terhadap masyarakat minoritas Muslim Myanmar, tapi surat perintah penangkapan terhadap dia dikeluarkan setelah ia mengeluarkan komentar yang mengeritik pemerintah sipil Aung San Suu Kyi.

Sedikitnya 300 pendukung Wirathu berkumpul di luar Pagoda Shwedagon di kota terbesar di Myanmar, Yangon, kata Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis malam.

"Ia mengeritik pemerintah secara terbuka sebagai warga negara," kata pegiat Win Ko Ko Lat kepada wartawan. "Penggunaan tindakan menghasut terhadap dia sama sekali tidak adil."

Surat perintah penangkapan buat Wirathu dikeluarkan oleh satu pengadilan Yangon pada Selasa. Polisi belum menetapkan dasar pasti bagi penangkapan dia berdasarkan hukum yang melarang "menyebarkan kebencian atau penghinaan" atau menyulut rasa tidak suka terhadap pemerintah.

Dalam pertemuan terbuka belum lama ini, Wirathu telah menuduh pemerintah korupsi dan mengecamnya karena berusaha mengubah undang-undang dasar yang akan mengurangi kekuasaan militer.

Militer memerintah Myanmar selama beberapa dasawarsa sampai awal peralihan kekuasaan sipil pada 2011. Wirathu adalah pendeta nasionalis paling menonjol yang muncul sebagai kekuatan politik sejak itu.

Ia telah membantah tuduhan menghasut kekerasan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Surat penangkapan dikeluarkan buat pendeta radikal Myanmar, Wirathu 

Baca juga: Dunia didesak hentikan dukungan keuangan bagi militer Myanmar

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019