New York (ANTARA) - Harga minyak jatuh hampir empat persen ke level terendah dalam lebih dari dua bulan, karena penurunan yang lebih kecil dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah Amerika Serikat dan kekhawatiran perlambatan ekonomi global akibat perang dagang Amerika Serikat dengan China.

Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan stok minyak mentah AS turun hampir 300.000 barel pekan lalu, lebih rendah dari perkiraan analis untuk penurunan 900.000 barel dalam jajak pendapat Reuters, dan jauh di bawah penarikan 5,3 juta barel American Petroleum Institute (API) yang dilaporkan Rabu (29/5/2019) malam .

Penurunan minggu lalu mengurangi persediaan minyak mentah dari tertinggi sejak Juli 2017 yang terlihat pada minggu sebelumnya, tetapi pada 476,5 juta barel, mereka masih sekitar 5,0 persen di atas rata-rata lima tahun untuk tahun ini.

"Laporan persediaan minyak telah menambah sentimen bearish yang berlaku di sesi perdagangan hari ini," kata Abhishek Kumar, kepala analis di Interfax Energy di London.

Ia mengatakan kekhawatiran sisi permintaan yang muncul dari perang perdagangan AS-China yang sedang berlangsung diperkirakan akan tetap menjadi pendorong utama yang membebani harga minyak.

Minyak mentah berjangka Brent turun 2,58 dolar AS atau 3,7 persen, menjadi 66,87 dolar AS per barel, sementara minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI), turun 2,22 dolar AS atau 3,8 persen, menjadi ditutup pada 56,59 dolar AS per barel.

Itu adalah tingkat penutupan terendah untuk Brent sejak 12 Maret dan untuk WTI sejak 8 Maret.

Untuk bulan ini, Brent berada di jalur penurunan sekitar delapan persen dan WTI akan jatuh sekitar 11 persen, yang akan menjadi penurunan bulanan pertama untuk kedua kontrak dalam lima bulan terakhir.

Premi Brent atas WTI, sementara itu turun menjadi sekitar 10 dolar AS per barel, jatuh dari tertinggi dalam lebih dari empat tahun di 11,59 dolar AS pada Rabu (29/5/2019).

"Perang perdagangan AS-China yang meningkat merupakan risiko bagi pasar minyak," kata Bernstein Energy dalam sebuah catatan.

Seorang diplomat senior China membandingkan aksi perdagangan dari Washington dengan "terorisme ekonomi terbuka."

Bernstein Energy mengatakan di bawah "skenario perang perdagangan penuh," permintaan minyak global akan tumbuh hanya 0,7 persen pada tahun ini, setengah dari perkiraan saat ini.

Karena melemahnya permintaan, Bernstein mengatakan setiap kenaikan untuk pasar minyak dibatasi meskipun pasokan relatif terbatas.

Harga minyak tahun ini telah didukung oleh pengurangan produksi dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen utama lainnya, serta oleh penurunan pasokan dari anggota OPEC Iran dan Venezuela karena sanksi Amerika Serikat.

Ekspor minyak mentah Iran pada Mei turun hingga kurang dari setengah level April di sekitar 400.000 barel per hari (bph), setelah Amerika Serikat memperketat sanksi terhadap sumber pendapatan utama Teheran. Iran perlu mengekspor setidaknya 1,5-2,0 juta barel per hari minyak mentah untuk menyeimbangkan pembukuannya.

"Kami melihat banyak risiko eskalasi sebagian besar karena sanksi AS membuat Iran mengalami kesulitan ekonomi yang hampir tidak pernah terjadi sebelumnya," kata Helima Croft, direktur pelaksana RBC Capital Markets.

Para pemimpin Arab berkumpul di Arab Saudi pada Kamis (30/5/2019) untuk KTT darurat yang diharapkan Riyadh akan menyampaikan pesan kuat kepada Iran bahwa kekuatan regional akan membela kepentingan mereka terhadap ancaman setelah serangan terhadap aset minyak Teluk bulan ini.

Ketika para pemimpin Arab berkumpul di Arab Saudi, utusan Iran untuk AS mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menanggapi dengan kekuatan militer jika kepentingannya diserang oleh Iran.

Banyak analis juga memperkirakan pengurangan pasokan yang dipimpin OPEC akan diperpanjang hingga akhir 2019, karena kelompok ingin mencegah harga minyak jatuh kembali ke level yang terlihat pada akhir 2018, ketika Brent merosot ke 50 dolar AS per barel.

Sejak OPEC dan sekutunya mulai menahan pasokan pada Januari, harga minyak telah naik sekitar 30 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019