Jakarta (ANTARA) - Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi dan mengamankan kenaikan trafik telekomunikasi yang selalu meningkat di masa-masa mudik dan perayaan Lebaran.

"Perusahaan berkomitmen untuk dapat terus melayani pelanggan dan masyarakat di momen istimewa tersebut, melalui kesiapan layanan dan jaringan telekomunikasinya agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar," kata Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sejalan dengan tren digital dan penggunaan media sosial masyarakat yang terus meningkat, kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting, perusahaan telah meningkatkan kapasitas data sebesar 15 persen dari kapasitas data regular harian.

Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 15-20 persen. Selain itu, untuk mengantisipasi kenaikan trafik di titik-titik terpadat, Indosat Ooredoo juga telah menyiapkan 100 mobile BTS secara nasional.

"Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat mudik dan perayaan Lebaran," katanya.

Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini juga didukung infrastruktur jaringan 4G Plus yang semakin meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan untuk berkomunikasi di jaringan Indosat.

Penambahan sumber daya menjadi komitmen perusahaan itu untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat terantisipasi di momen penting tersebut.

Penggelaran infrastruktur 4G yang juga menjadi bagian dari persiapan jaringan Lebaran telah dilakukan secara nasional, dimana jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo telah menjangkau 422 kota/kabupaten dan 80 persen populasi masyarakat Indonesia.

Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadhan dan mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

Pada kuartal pertama 2019, Indosat Ooredoo memiliki 53,3 juta pelanggan dan mengoperasikan 22.015 BTS 4G di 422 kota dan mencakup lebih dari 81 persen populasi.*


Baca juga: Indosat Ooredoo lakukan pembatasan medsos

Baca juga: Indosat Ooredoo dampingi 11 kabupaten/kota kembangkan "smart city"

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019