Bupati Waykanan tinjau posko arus mudik di perbatasan

Bupati Waykanan tinjau posko arus mudik di perbatasan

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya saat meninjau posko pantau arus mudik di resr area perbatasan antara Kabupaten Lampung Utara dan Waykanan. (Antaralampung/Emir Fajar Saputra)

Selain ada pos pantau arus mudik, ada juga pos kesehatan bagi pengendara yang ingin beristirahat, kata Adipati
Waykanan, Lampung (ANTARA) -
Bupati Waykanan, Provinsi Lampung, Raden Adipati Surya meninjau sejumlah pos pantau di wilayah hukum Kabupaten Waykanan untuk melihat kesiapan dari masing-masing pos dan personel yang berjaga di lokasi tersebut.

“Saya ingin memastikan bahwa petugas di pos pantau di 'rest area' Waykanan, Gunung Katun, Pasar Inpres Baradatu, dan Simpang Tiga Way Tuba benar-benar siap menghadapi arus mudik,” kata Adipati saat menijau posko mudik lebaran di perbatasan Lampung Utara-Waykanan di Kecamatan Gunung Labuhan, Jumat

Menurutnya, pemeriksaan itu untuk memastikan pos-pos pantau yang tersedia dan terletak di lokasi strategis di Jalan Lintas Tengah Sumatera ini akan melayani para pemudik yang melintas di wilayah Waykanan.

Ia mengharapkan arus mudik dan balik Lebaran 2019 akan berjalan lancar.

Selain tersedia pos pantau, di lokasi ini juga tersedia posko kesehatan yang siap memberikan pelayanan bila ada pengendara yang sakit atau mengalami kecelakaan ringan.

“Selain ada pos pantau arus mudik, ada juga pos kesehatan bagi pengendara yang ingin beristirahat,” kata Adipati.

Ia meminta para petugas di pos pantau dan posko kesehatan selalu siaga untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik.

“Kenyamanan pemudik harus menjadi prioritas,” katanya.

Kapolres Waykanan AKBP Andy Siswantoro mengatakan bahwa pihaknya akan fokus dan memprioritaskan pengamanan arus mudik Lebaran dengan membuat pos di tiga titik utama , yaitu di perbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara, Pasar Inpres Baradatu dan Simpang Tiga Waytuba.

“Setiap pos diisi dengan polisi, personel TNI, tenaga kesehatan, Pramuka dan Dinas Perhubungan. Ini semua untuk membantu keamanan dan kenyamanan para pemudik di jalan raya,” katanya.

Namun demikian, pengamanan lainnya tetap berjalan dan anggota selalu berpatroli guna memperlancar arus mudik dan menekan gangguan kamtibmas.

Kapolres juga mengingatkan pengendara yang hendak pulang ke kampung halaman agar memperhatikan kondisi kendaraan seperti oli mesin, rem, sabuk pengaman dan ban, karena itu merupakan hal utama dalam berkendara.

“Rem harus dipastikan berfungsi dengan baik, oli mesin sudah diganti, sabuk pengaman dipastikan berfungsi dengan baik dan ban tidak gundul,” kata Andy.

Pewarta: Hisar Sitanggang/ Emir Fajar Saputra 
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar