Serang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Banten bersama dengan delapan kabupaten/kota menyiapkan sebanyak 294 posko kesehatan di jalur mudik lebaran 2019 di wilayah Provinsi Banten, untuk memberikan pelayanan kesehatan atau pertolongan pertama bagi pemudik.

"Kami menyediakan ratusan posko kesehatan untuk mempermudah pemudik dalam mendapatkan pelayanan kesehatan serta pertolongan pertama. Kami menempatkan posko tersebut di sekitar jalur mudik seperti terminal bus, stasiun kereta api, rest area dan tempat wisata," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatani Banten, M Yusuf di Serang, Jumat.

Menurut Yusuf, posko kesehatan tersebut tersebar di beberapa titik diantaranya posko utama atau posko kendali utama Dinas Kesehatan Banten di Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang serta satu posko tambahan yang disiapkan di Pelabuhan Merak.

Sedangakan posko kesehatan di jalur mudik di masing-masing daerah terdiri dari di jalur mudik di wilayah Kabupaten Tangerang ada 44 posko utama, 10 Posko tambahan, dan satu posko kendali. Kemudian posko kesehatan di wilayah jalur mudik di Kota Tangerang terdiri dari 36 Posko utama yakni puskesmas siaga 24 jam dan 1 Posko Kendali Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Di Tangerang Selatan ada 29 Posko utama atau puskesmas yang siaga selama 24 jam, lima posko tambahan, satu posko kendali. Kemudian di Kabupaten Serang disiapkan 31 posko utama, empat posko tambahan, satu posko kendali. Sedangkan posko kesehatan di Kabupaten Pandeglang memiliki 36 Posko utama, tujuh posko tambahan dan satu posko kendali.

"Di Kabupaten Lebak kami menyiapkan 42 posko utama kesehatan," kata Yusuf.

Menurut Yusuf, selain 42 posko utama di Kabupaten Lebak juga memiliki enam posko tambahan, satu posko kendali dan posko kesehatan di Kota Cilegon ada 8 posko utama, lima posko tambahan dan satu posko kendali. Adapun posko kesehatan di Kota Serang yang kemungkinan paling banyak dilalui pemudik menuju arah Merak sudah disiapkan 16 posko utama, lima posko tambahan satu posko kendali.

"Keseluruhannya ada 294 posko kesehatan yang kami siapkan untuk arus mudik tahun ini, terdiri dari 242 posko utama, 43 posko tambahan dan posko kendali," kata Yusuf.

Sedangkan untuk lokasi posko tambahan atau posko lapangan di Kota Serang, kata Yusuf, terdapat di beberapa titik seperti di Alun -alun Serang, lalu di Stasiun Serang dan Stasiun Karangantu, untuk Kabupaten Tangerang memiliki 10 titik posko tambahan terdapat di Depan Mall Karawaci, Pertigaan Bitung, Gerbang Citra Raya, Pertigaan Cibadak, Tol Balaraja Barat, Pertigaan Jayanti, Jalan Raya Kotabumi, Depan Vihara Mauk, Pantai Tanjung Pasir dan di Pulau Cangkir.

Di Tangerang Selatan, para pemudik bisa berhenti di lima titik posko kesehatan tambahan yang berlokasi di Fly Over Ciputat, Posko Indika Bintaro, WTC Serpong, Posko Muncul, Posko Pamulang Square. Kemudian di Kabupaten Serang posko tambahan ada di empat titik terdapat di Anyer, Cikande, Kramat Watu, Kragilan, di Kota Cilegon memiliki lima titik posko lapangan terdapat di Terminal Terpadu Merak, Terminal Seruni, Simpang Tiga Cilegon, Ciwandan dan di Cibeber.

Di Kabupaten Pandeglang memiliki tujuh titik posko lapangan atau posko tambahan berlokasi di Alun-Alun Pandeglang, Terminal Kadu Banen, Pertigaan Mengger, Terminal Tarongong, Caringin Pulosari dan di Pantai Carita. Terakhir di Kabupaten Lebak terdiri dari enam titik posko lapangan terdapat di Rangkasbitung, Cipanas, Gunung Kencana, Wanasalam, Bayah dan di Kecamatan Malingping.

"Kami menyiapkan tenaga medis terdiri dari 657 dokter, 1721 perawat dan 694 tenaga teknis lainnya. Seluruh Rumah Sakit (RS) sebanyak 112 RS disiagakan sebagai pelayanan kesehatan rujukan arus mudik 2019," kata Yusuf.

Pewarta: Mulyana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019