Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, menambah jadwal dan melibatkan jajaran polsek dalam patroli ke sejumlah lokasi yang dinilai rawan kejahatan dan tindak kriminal menjelang perayaan Idul Fitri 1440 H.

Kabag Ops Polres Cianjur Kompol Warsito di Cianjur Jumat mengatakan, menjelang Lebaran sejumlah lokasi di Cianjur rawan dengan tindakan kejahatan dan kriminal, sehingga setiap jajaran polsek dan pos pam memberlakukan patroli keamanan.

"Belajar dari tahun sebelumnya menjelang Lebaran tingkat kejahatan seperti pencurian dan tindak kriminal lainnya selalu meningkat, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut kita perketat patroli," katanya.

Ia menjelaskan, setiap pos pam dan polsek diberlakukan patroli ke setiap wilayah hukumnya masing-masing, termasuk polres menyiapkan tim mobile yang dapat melakukan patroli ke berbagai wilayah.

Sehingga, tutur dia, setiap pos pam tidak hanya melakukan pengamanan arus mudik, namun juga melakukan pengamanan untuk mengantisipasi terjadi tindak kriminal di wilayahnya masing-masing.

"Satgas khusus mobile terdiri dari jajaran Reskrim yang tugasnya melaksanakan monitoring di seluruh wilayah Cianjur serta di tempat-tempat yang diindikasi rawan kejahatan," katanya.

Pihaknya mengimbau warga untuk membantu dengan mengadakan pos kamling di tingkat ke RTan selama musim mudik Lebaran 2019 dan bagi warga yang hendak mudik agar memastikan rumah ditinggalkan dalam keadaan aman dan terkunci.

"Bagi warga yang mudik dapat menitipkan rumah kepada warga yang tidak mudik dan siskamling kembali digiatkan agar keamanan dapat dilakukan bersama selama musim mudik lebaran," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019