Cilegon (ANTARA) - Puncak arus mudik yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak di Provinsi Banten ke Pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung diperkirakan akan terjadi malam ini atau Jumat malam Sabtu.

"Sejak H-7 pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terus mengalami peningkatan, dan diprediksikan malam ini merupakan puncaknya," kata GM ASDP Cabang Merak Solikin di Merak, Jumat  petang.

Ia juga menjelaskan, saat ini kapal yang dioperasikan untuk melayani penyeberangan para pemudik sebanyak 40 unit, atau mengalami penambahan dibandingkan H-7 yang hanya 26 unit.

Jumlah trip kapal penyeberangan selama periode Kamis (30/5) pukul 08.00 WIB sampai Jumat (31/5) pukul 08.00 WIB sebanyak 119 kali.

"Jumlah armada dan trip pemberangkatan akan disesuaikan dengan jumlah calon penumpang yang akan menyeberang. Kalau ada penambahan maka ada kemungkinan untuk ditambah," ujarnya.

Mengenai penumpang yang telah disebarangkan, menurut dia, selama periode Kamis (30/5) pukul 08.00 WIB sampai Jumat (31/5) pukul 08.00 WIB sebanyak 150.052 orang, kemudian kendaraan roda dua 11.763 unit serta kendaraan roda empat dan campuran 19.196 unit.

Pantauan lapangan menyebutkan, ribuan calon penumpang pejalan kaki dan kendaraan rodak dua dan empat terus berdatangan ke Pelabuhan Merak, Banten sehingga terjadi antrean panjang.

Meskin terjadi antrean namun tetap berjalan lancar berkat kesigapan personel mengantur arus lalu lintas orang dan kendaraan yang masuk ke pelabuhan tersebut.

Pewarta: Susmiyatun Hayati/Sambas
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019