Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono mengajak seluruh warga di wilayah setempat untuk kembali mengintensifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) menjelang Lebaran 2019 guna menciptakan suasana aman dan kondusif.

"Mari kembali mengintensifkan siskamling menjelang hari Lebaran agar wilayah Banjarnegara makin aman," katanya di Banjarnegara, Jumat.

Bupati menjelaskan, kegiatan siskamling di wilayah setempat rutin dilakukan, salah satu contohnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 lalu.

"Saat Pemilu bulan April lalu siskamling juga diintensifkan guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di lingkungan sekitar," katanya.

Bupati menambahkan, tradisi siskamling telah berjalan sejak lama dan turun temurun di Banjarnegara namun menjelang Lebaran 2019 diharapkan dapat makin diintensifkan.

Kendati demikian, dia berharap, Banjarnegara akan selalu aman dan tidak akan ada gangguan keamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dia juga mengapresiasi upaya Polres Banjarnegara yang telah melakukan upaya optimal dalam mengamankan wilayah Banjarnegara selama bulan Ramadhan 2019.

Sementara itu, Kapolres Banjarnegara AKBP Aris Yudha Legawa sebelumnya juga mengatakan pihaknya menyiapkan empat pos pengamanan Lebaran guna memberikan pelayanan bagi masyarakat khususnya para pemudik yang melintasi wilayah tersebut.

"Akan ada empat pos pengamanan, dua pos pelayanan dan tiga pos pantau yang akan melayani masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan, empat pos pengamanan akan berlokasi di Klampok, Mandiraja, Bawang dan Sumpiuh.

Sementara dua pos pelayanan akan berlokasi di Pos Alun-Alun Banjarnegara dan Pos Terminal Banjarnegara

Kapolres juga menambahkan, akan ada 280 personel gabungan yang akan terlibat dalam pengamanan Lebaran 2019.
​​​​​​​
"280 personel gabungan tersebut siap mengamankan dan membantu kelancaran lalu lintas pada arus mudik dan arus balik yang melintasi Banjarnegara, diharapkan kondisi lalu lintas tetap lancar, termasuk lalu lintas dari dan menuju objek wisata," katanya.
***2***
T.W004

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019