counter

Bupati Gorontalo Berkomitmen Terus Lestarikan Tradisi Tumbilotohe

Bupati Gorontalo Berkomitmen Terus Lestarikan Tradisi Tumbilotohe

Seorang warga menyalakan lampu botol yang dipasang pada arkus di Talumelito, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Jumat (31/5/2019). (Foto Adiwinata Solihin

Yang paling penting disini adalah hikmah dari pelaksanaan tradisinya, kita juga berharap ini menjadi destinasi wisata karena keunikan yang terjadi di Gorontalo,
Gorontalo (ANTARA) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo berkomitmen untuk terus melestarikan tradisi Tumbilotohe (malam pasang lampu) yang dilaksanakan tiga hari jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Memang ini merupakan salah satu tradisi Gorontalo yang memiliki slogan adat bersendikan syara dan syara bersendikan kitabullah," ujarnya di Gorontalo, Jumat.

Ia menambahkan jika Tumbilotohe adalah tradisi orang Gorontalo dalam rangka Lailatul Qadar serta menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Kita bersyukur hari ini di Gorontalo tetap masih melestarikan budaya ini dan setiap tahun terus berkembang," tambahnya.

Ia mengharapkan agar jangan sampai tradisi Tumbilotohe yang dilaksanakan setiap tahun itu lebih banyak seremoninya saja.

"Yang paling penting disini adalah hikmah dari pelaksanaan tradisinya, kita juga berharap ini menjadi destinasi wisata karena keunikan yang terjadi di Gorontalo," harapnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar