Makassar (ANTARA) - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) memberangkatkan 1.700 peserta Mudik Bareng BUMN 2019 menggunakan moda transportasi bus, kereta api, dan kapal laut ke berapa titik lokasi di wilayah Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

"Untuk Makassar, Sulawesi Selatan yang diberangkatkan sebanyak 500 orang dengan total seluruh Indonesia sebanyak 1.700 pemudik," kata Pemimpin Wilayah IX Jamkrindo Makassar Heryanto Nugroho di Pelabuhan Makassar, Jumat malam.

Heryanto menyebutkan pihaknya memberangkatkan 500 pemudik menggunakan moda transportasi kapal. Total ada delapan rute yang dilayani Kumai–Semarang, Sampit-Surabaya, Batam-Belawan, Sampit-Semarang, Makassar-Surabaya, Makassar-Bima, Makassar-Bau Bau, dan Jakarta-Makassar.

"Saya sangat senang melihat antusiasme pemudik dan bisa terlibat dalam Mudik Bareng BUMN Hadir untuk Negeri. Dengan demikian, kehadiran Jamkrindo bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya di sela-sela meninjau persiapan keberangkatan Mudik Bareng BUMN 2019 menggunakan moda Kapal Laut tujuan Bau-bau di Pelabuhan Makasaar eks Soekarno Hatta

Ketua Panitia Irgun Wahyu mengatakan bahwa program Mudik Bareng BUMN, khusus Jamkrindo Cabang Makassar, pada tahun ini memberangkatkan pemudi ke tiga tujuan dari Pelabuhan Makassar yakni, Surabaya, Bau-Bau dan Bima, dengan total jumlah pemudik 220 orang.

"Semua kuota yang ditawarkan dalam waktu singkat bisa terisi," katanya.

Penumpang tujuan Bau-bau Astuti (20) mengatakan bahwa mudik gratis yang dilaksanakan Jamkrindo sebagai salah satu perusahaan BUMN hadir untuk negeri sangat membantu dirinya mudik bersama rekan-rekannya.

"Terima kasih Jamkrindo, kami diberikan fasilitas mudik gratis. Sangat membantu dan kami juga diberikan uang saku, makanan, baju, dan tas, serta bantal untuk digunakan di kapal," tutur mahasiswa Universitas Bosowa itu.

Pada tahun ini, Perum Jamkrindo memberangkatkan 500 peserta mudik menggunakan kereta api, 500 pemudik menggunakan kapal, dan 700 pemudik menggunakan bus. Pelepasan peserta mudik dihadiri oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal.

Perum Jamkrindo membuka pendaftaran mudik gratis melalui website mudikbumn.co.id yang sejak 3 April 2019 hingga 30 April 2019. Melalui aplikasi tersebut, para calon pemudik bisa melakukan daftar daring (online) secara mudah, cepat, dan nyaman.

Pewarta: M. Darwin Fatir
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019