Pengecekan tes urine kepada awak maskapai penerbangan ini untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019, katanya
Jambi (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi menggelar tes urine terhadap pilot dan awak maskapai Garuda Indonesia di Bandara Sultan Thaha Saifudin Jum'at.

Pemeriksaan dilakukan untuk mendukung keselamatan dalam penerbangan, terutama dalam proses arus mudik Lebaran 1440 H menggunakan jalur udara.

Kepala BNN Provinsi Jambi Heru Pranoto mengatakan, sasaran operasi kali ini ditujukan kepada pilot, kopilot, pramugara dan pramugari.

"Pengecekan tes urine kepada awak maskapai penerbangan ini untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019," katanya.

Dari hasil tes urine yang dilakukan petugas pada pilot, copilot, pramugari dan pramugara pada maskapai Garuda Indonesia tidak ada seorangpun yang dinyatakan positif mengandung narkoba.

Sementara itu, untuk memberikan pelayanan dan keselamatan dalam penerbangan, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi akan terus melakukan pemeriksaan pada maskapai penerbangan lainnya secara rutin hingga arus balik Lebaran 2019.

Dari pantauan di lapangan, pilot, copilot, pramugari dan pramugara menjalani tes urine langsung di dalam pesawat tanpa diperbolehkan turun dari pesawat.

Selain itu, dari berbagai maskapai yang ada di Jambi, hanya pihak Garuda Indonesia yang menyetujui proses tes urine terhadap pilot, copilot, pramugari dan pamugaranya.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019