Jakarta (ANTARA/JACX) - Dalam sebuah unggahan di media sosial dijelaskan mengenai informasi bahwa karies gigi dan gigi berlubang disebabkan oleh ulat gigi.

Dalam unggahan dalam media sosial berformat Facebook tersebut juga ditampilkan gambar yang dinarasikan mendukung pernyataan dari unggahan tersebut disertai dengan tata cara mencegah gigi berlubang dan mengeluarkan ulat gigi.

Klaim    : karies gigi dan gigi berlubang disebabkan oleh ulat gigi
Rating   : salah/disinformasi

Penjelasan

Gula memiliki peran yang penting dalam membuat gigi berlubang. Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc selaku Divisi on Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia mengemukakan hubungan antara gula dan proses terjadinya gigi berlubang.

"Gula yang kita konsumsi diubah oleh 20 miliar mikroorganisme dalam mulut sebagai asam yang mengubah kondisi pH mulut. Inilah di mana proses pembentukan karies pun terjadi," papar Drg. Mirah dalam sebuah kesempatan.

Meski demikian, karies dan gigi berlubang dapat dicegah. Caranya adalah dengan membatasi asupan gula sesuai kebutuhan tubuh, sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur serta pemeriksaan kesehatan gigi secara rutin.

Cek fakta: Gula berperan penting sebagai penyebab gigi berlubang
Cek fakta: Konsumsi makanan berserat bantu cegah gigi berlubang
Cek fakta: Ahli: salah menggosok gigi dapat sebabkan karies
Cek fakta: https://www.dentalhealth.ie/dentalhealth/causes/dentalcaries.html
 
Tangkapan layar klarifikasi informasi hoaks subdit pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.


 

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019