Jakarta (ANTARA) - Jamaah memadati Masjid Istiqlal, Jakarta, untuk melaksanakan amalan sunah iktikaf (berdiam diri) di malam 27 Ramadhan 1440 Hijriyah, Sabtu dini hari.

Berdasarkan pantauan Antara, jamaah memadati lantai utama Istiqlal terlebih saat amalan shalat malam berjamaah.

Iktikaf sendiri merupakan amalan ibadah berdiam beberapa waktu di dalam masjid sebagai suatu ibadah dengan syarat-syarat tertentu.

Ibadah tersebut biasanya dilakukan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan dengan tujuan mendapat "lailatul qodar" yang keutamaannya melebihi malam seribu bulan.

Umumnya dalam prosesi iktikaf, jamaah di Istiqlal mulai berdatangan sejak memasuki waktu shalat Isya dan Tarawih.

Beberapa datang setelah waktu tersebut. Di sela iktikaf mereka banyak berdiam diri untuk menjauhkan pikiran dari keduniaan sehingga dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Selain itu, mereka terpantau membaca serta mendengarkan bacaan Al Quran, mendengarkan ceramah, mengamalkan shalat sunah, shalat malam dan kegiatan terkait lainnya.

Sementara itu, parkiran kendaraan bermotor nampak padat sebagai tanda partisipasi jamaah yang besar. Area parkir nonresmi juga lebih padat dibanding malam-malam sebelumnya jelang selesainya bulan Ramadhan.

Para penjual makanan dan aneka dagangan juga memenuhi banyak tempat strategis di Istiqlal terutama di dekat pintu masuk Al Fattah.

Baca juga: Imam Besar Istiqlal sampaikan tingkatan ridho di malam iktikaf

Baca juga: Masjid Al Markaz Makassar siapkan dana iktikaf Rp20 juta setiap malam

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019