Jakarta (ANTARA) - Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino berbicara panjang lebar menjelang final Liga Champions melawan Liverpool di Madrid Sabtu, mengenai bagaimana mengatasi rasa takut.

Dibantu sahabat dan pelatih pendorong motivasi Xesco Espar, Pochettino telah mendorong para pemain Spurs menjalankan berbagai latihan yang membantu mereka mengatasi rasa takut seperti berjalan di atas batu baru nan panas dalam sebuah sesi latihan Rabu lalu.

Kedengarannya aneh tetapi sang manajer Tottenham pernah melakukan hal yang sama kepada para pemain Southampton ketika menangani tim ini. Dia mengatakan ada metode untuk menjadi gila.

"Yang perlu digarisbawahi di sini adalah kita semua punya rasa takut. Orang tanpa takut itu tidak ada," kata Pochettino kepada pers dalam laman ESPN.

Baca juga: Firmino bugar, tapi Klopp rahasiakan susunan pemain

"Bukan soal pemain tidak takut apa pun, tetapi mereka harus bebas bermain (dengan melewati rasa takut). Ada orang yang membekukan rasa takut. Orang-orang yang berhasil punya rasa takut, mereka yang berhasil mengelola rasa takut."

"Para pemain telah belajar banyak dalam tiga pekan terakhir karena kami punya kapasitas untuk melakukan banyak hal, menciptakan rancangan berbeda. Manakala Anda hanya punya satu tujuan dan tiga pekan untuk bersiap, maka akan lebih mudah dibandingkan dengan bermain setiap tiga hari."

"Kami akan tiba dengan kondisi sempurna dan yang paling penting adalah pemain menikmati perjalanan selama tiga pekan ini. Mereka akan selalu mengenangnya. Jika Anda membangun hal yang spesial, maka akan dikenang selamanya. Jika kami menjuarai Liga Champions, maka akan menjadi contoh hebat untuk sepak bola, saya kira untuk selamanya."

Baca juga: Kane siap tempur lawan Liverpool

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019