Kami melihat banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta masih melaksanakan upacara Hari Lahirnya Pancasila. Setelah itu, mereka akan berangkat menuju kampung halaman...
Karanganyar (ANTARA) - Volume kendaraan arus mudik dari arah Jakarta yang melintas pintu tol keluar Ngasem Colomadu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada H-4 Lebaran 2019 diperkirakan mengalami peningkatkan dibanding hari sebelumnya.

"Puncak arus mudik kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa khususnya keluar pintu Ngasem Colomadu Karanganyar diperkirakan pada H-4 Lebaran ini," kata Kepala Polres (Kapolres) Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi, di sela-sela pantauan di Pospam Terpadu Ngesem Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia memperkirakan volume kendaraan arus mudik pada H-4 Lebaran akan meningkat sekitar 5-10 persen. Namun, kondisi arus lalu lintas di kawasan tersebut masih aman dan lancar baik yang keluar dari pintu Tol Ngasem Colomadu maupun masuk dari jalur arteri.

"Kami melihat banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta masih melaksanakan upacara Hari Lahirnya Pancasila. Setelah itu, mereka akan berangkat menuju kampung halaman, sehingga volume kendaraan diperkirakan akan meningkat pada H-4 Lebaran ini," kata Kapolres.

Menyinggung soal daerah rawan kemacetan terutama pintuk keluar Tol Ngasem Colomadu, Kapolres mengatakan dengan kesiapsiagaan petugas gabungan baik dari TNI, Polri, dan instansi terkait, serta ormas-ormas di Pospam Terpadu Ngasem ini, semua kemacetan diperkirakan dapat diuraikan.

"Karena, kami sudah siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama Lebaran ini," katanya.

Selain itu untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas, pihaknya juga memberikan imbauan-imbauan di tempat titik lelah pemudik seperti rest area yang banyak dipasang tanda-tanda atau peringatan yang dapat mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan.

Bahkan petugas patroli yang sering mengingatkan para pengendara bermotor di jalan agar selalu berhati-hati, karena di jalan tol tersebut memang tidak ada hambatan.

Namun pengendara bermotor perlu diingatkan terus, katanya. Di titik lelah itu, memang ada tempat istirahat dan petugas pospam yang selalu menyampaikan kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam menggunakan kendaraan dan mentaati peraturan lalu lintas. "Insya Allah kecelakaan bisa diminimalisir," katanya.

Jumlah volume kendaraan bermotor mayoritas kendaraan pribadi pemudik dari arah Jakarta yang melintas Tol Trans Jawa di Pospam Terpadu di Ngasem Colomadu Karanganyar, pada Jumat (31/5) atau H-5 Lebaran hingga pukul 00.00 WIB, untuk kendaraan keluar sebanyak 9.318 unit dan kendaraan masuk 6.004 unit.

Menyinggung soal batalnya kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian, di Pospam Terpadu Ngasem Colomadu, Karanganyar, Sabtu ini, Kapolres menjelaskan hal itu terjadi karena Kapolri dan Panglima TNI ada kegiatan ke Jawa Timur.
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019