Temanggung (ANTARA) - Puluhan pegawai Kementerian Keuangan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Setda Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu.

Mereka terpaksa mengikuti upacara di Temanggung atau bukan di tempat instansi mereka bekerja karena terlanjur pulang ke kampung halamannya berkaitan dengan cuti Lebaran.

Pada upacara yang dipimpin oleh inspektur upacara Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo tersebut, kelompok pegawai Kemenkeu mengenakan seragam putih hitam, berbeda dengan pegawai Pemkab Temanggung yang mengenakan seragam Korpri.

Seorang pegawai Kemenkeu di Pangkal Pinang, Fauzan Adib Utama mengatakan dirinya telah sampai di Temanggung pada Jumat (31/5).

"Saya mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Kantor Setda Temanggung, karena sesuai surat edaran Badan Kepegawaian Negara, meskipun sudah mudik harus mengikuti upacara," katanya.

Ia menuturkan tidak bisa ikut upacara di tempat kerjanya di KPP Pratama Pangkal Pinang karena kemarin harus pulang dengan pesawat yang tiketnya sudah dipesan jauh hari sebelumnya.

Ia menyatakan senang bisa ikut Upacara Hari Lahir Pancasila di tanah kelahirannya di Temanggung.

"Dengan mengikuti upacara di sini justru kami bisa bertemu dengan teman-teman yang bekerja di daerah lain, kami bisa reuni di sini. Pegawai Kemenkeu yang ikut upacara di Setda Temanggung ada 95 orang," katanya.

Usai mengikuti upacara, mereka tidak langsung pulang, tetapi mereka menyempatkan untuk ngobrol dan fota bersama. 

Baca juga: Pemudik ikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Semarang

Baca juga: Puluhan ASN luar daerah ikuti upacara Pancasila di Yogyakarta

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019