Setiap kendaraan memiliki kapasitas dan jangan sampai melebihi yang akhirnya membahayakan pengendara itu sendiri
Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Provinsi Banten memberikan imbauan kepada pemudik Lebaran 2019 yang menggunakan sepeda motor untuk tidak membawa barang muatan melebihi kapasitas dan menganggu berkendara.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar di Tangerang Sabtu mengatakan bawa keselamatan berkendara harus lebih diutamakan.

Oleh karena itu pihaknya memberikan masukan kepada pengendara khususnya yang menggunakan sepeda motor untuk memperhatikan barang bawaan.

"Perjalanan yang cukup jauh, harus juga disadari pengemudi untuk memperhatikan faktor keselamatan. Maka itu, barang bawaan yang kerap dibawa pada bagian belakang kendaraan dan diikat, untuk lebih diperhatikan lagi," katanya.

Sebab, kata dia, setiap kendaraan memiliki kapasitas dan jangan sampai melebihi yang akhirnya membahayakan pengendara itu sendiri.

"Petugas di lapangan sudah kita berikan informasi agar memberikan imbauan kepada pengendara yang membawa barang bawaan terlalu berlebih karena untuk keselamatan," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, pemudik sepeda motor sebagian besar menggunakan waktu malam hari ini untuk menempuh perjalanan mudik.

Puncak arus mudik pun sudah terlihat sejak Jumat (31/5)  malam, dengan peningkatan jumlah kendaraan khususnya sepeda motor ke arah Merak Banten.

Dishub Kota Tangerang telah membuat posko pengamanan di delapan titik di antaranya Tangcity Mall, Kebon Besar, Jatake, Giant Ciledug, Tanjung Pasir, Rest Area Pinang, Rest Area Kunciran, dan Terminal Poris Plawad, demikian Wahyudi Iskandar.

Baca juga: Pemudik motor membawa barang berlebihan melintas Tangerang siang hari

Baca juga: Dishub Kota Tangerang cek PJU di jalur mudik

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019