Jakarta (ANTARA) - Tak semua menginginkan tampilan terlalu formal saat Lebaran, terutama orang muda yang lebih memilih gaya kasual tanpa meninggalkan kesan sakral di hari raya.

Perancang busana muslim Ria Miranda menyarankan kemeja putih untuk tampilan kasual namun "formal". Menurut dia, padu padan untuk kemeja putih beragam, salah satunya dengan dress tanpa lengan.

"Kemeja putih is must have item menurutku. Kemeja putih bisa dipadukan dengan dress tanpa lengan, rompi seperti vest, dipadukan dengan rok. Jadi mix and match untuk kemeja putih banyak variasinya," tutur dia di Jakarta belum lama ini.

Kemeja putih juga bisa dipadankan dengan outer beragam warna dan denim untuk bawahan untuk tampilan semi formal. Saat harus pergi ke berbagai lokasi, Anda tinggal mengganti outer.

Terlepas dari pilihan busana, Ria menekankan pentingnya memilih bahan busana yang menyerap keringat dan nyaman dikenakan.

Di sisi lain, soal busana, jika pilihan jatuh pada batik, usahakan memakainya sebagai outer atau dalaman dengan outer polos.

Kemudian, untuk mereka yang berhijab, sebaikanya gunakan bahan katun atau, voal. Gaya berhijab simpel ala Ria Miranda mungkin menjadi alternatif. Seperti apa? Simak dalam video berikut:
 


Di sisi lain, menurut perancang busana Didiet Maulana, para penyuka tampilan kasual perlu memperhatikan kombinasi aksesoris, makeup dan tatanan rambut atau hijab.

"Untuk yang berhijab, aksesoris seperti kalung atau gelang mungkin enggak perlu," kata dia dalam sebuah kesempatan.

Baca juga: Intip tren Lebaran tahun ini, padu padan batik unik


 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019