counter

Menteri Yohana sapa pemudik perempuan dan anak di Stasiun Pasar Senen

Menteri Yohana sapa pemudik perempuan dan anak di Stasiun Pasar Senen

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menyapa pemudik perempuan anak di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Saya bertanya kepada perempuan apakah terjadi kekerasan terhadap anak di stasiun ini, mereka katakan tidak ada sama sekali, jadi berarti stasiun ini sudah melindungi hak anak dari segala kekerasan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menyapa pemudik perempuan dan anak di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu. 

Mengenakan kebaya putih dan selendang merah Menteri Yohana tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 09.47 WIB. Masuk melalui pintu VIP, Yohana kemudian menuju ke dalam kereta dan menyapa pemudik.

“Kelas berapa?” menteri bertanya kepada ibu dari seorang anak perempuan. Sambil bercakap-cakap, ia memberikan tas berwarna merah kepada anak itu.

“Jangan berkeliaran di dalam kereta ya,” pesan Yohana kepada sang anak.

Yohana membagikan 500 bingkisan berwarna merah, yang berisi biskuit, susu, air mineral, botol minum dan buku bacaan, kepada pemudik anak di Stasiun Pasar Senen.

Dia juga membagikan 150 bingkisan berwarna ungu, yang berisi sejumlah barang diantaranya handuk dan minyak angin, kepada pemudik perempuan.

Tidak hanya menyapa pemudik di dalam kereta, Yohana juga meninjau fasilitas ruangan menyusui dan pos kesehatan di Stasiun Pasar Senen.

“Masuk ruang klinik luar biasa sekali steril, ber-AC, tenaga medis yang ada di situ juga profesional sekali. Obat-obat juga tersedia,” katanya. 

Ia juga mengapresiasi PT KAI yang dinilai "reponsive gender", mengajak partisipasi laki-laki untuk melindungi perempuan dan anak.

“Saya bertanya kepada perempuan apakah terjadi kekerasan terhadap anak di stasiun ini, mereka katakan tidak ada sama sekali, jadi berarti stasiun ini sudah melindungi hak anak dari segala kekerasan,” katanya. 

Kepala PT KAI DAOP 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, mengatakan telah berupaya meningkatkan fasilitas di Stasiun Pasar Senen yang ramah perempuan dan anak, termasuk menambah jumlah kursi, dari sebelumnya 80 kursi kini menjadi 700 kursi.

“Kemudian juga, kami siapkan hall yang lebih besar lagi kapasitasnya, 3 kali lebih besar dari tahun lalu. Kami juga sediakan tempat ibu menyusui dan tempat anak bermain,” ujar Dadan.
 

Menteri PPPA minta sekolah tidak tolak anak disabilitas

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar