Kita telah siapkan lima kapal motor penumpang rute pelabuhan Sibolga menuju pelabuhan Gunungsitoli dan pelabuhan Singkil, Aceh menuju pelabuhan Gunungsitoli
Gunungsitoli (ANTARA) - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gunungsitoli, Sumatera Utara, Muhammad Ilyas Batubara menjamin lonjakan penumpang selama mudik Lebaran di pelabuhan Gunungsitoli dapat diatasi.

"Kita telah siapkan lima kapal motor penumpang rute pelabuhan Sibolga menuju pelabuhan Gunungsitoli dan pelabuhan Singkil, Aceh menuju pelabuhan Gunungsitoli," katanya di Gunungsitoli, Sabtu.

Menurut dia, ada empat kapal yang telah disiapkan untuk melayani rute penyeberangan dari pelabuhan Sibolga menuju pelabuhan Gunungsitoli dan sebaliknya.

Sedangkan untuk melayani angkutan penumpang dari pelabuhan Singkil menuju pelabuhan Gunungsitoli hanya disiapkan satu kapal.

Kapal yang telah disiapkan mengangkut penumpang untuk rute pelabuhan Sibolga menuju pelabuhan Gunungsitoli adalah Kmp Belanak milik PT ASDP Indonesia Fery, KM Wira Victoria, KM Wira Glory dan KM Wira Prime milik PT Wira Jaya Logitama Lines.

Sedangkan untuk mengangkut penumpang rute pelabuhan Singkil menuju pelabuhan Gunungsitoli dan sebaliknya, telah disiapkan Kmp Teluk Singkil milik PT ASDP Indonesia Fery.

Dia juga menjelaskan saat ini KSOP Gunungsitoli telah mendirikan posko terpadu.

Pendirian posko telah dilakukan tujuh hari sebelum Lebaran hingga tujuh hari setelah Lebaran.

"Posko terpadu kita dirikan karena mengikuti instruksi Dirjen Perhubungan Laut nomor HK.221/3/5/DJPL/2019 tentang persiapan penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2019 (1440H)," jelasnya.

Selain itu KSOP Gunungsitoli bersama badan usaha pelabuhan menyiapkan sarana dan prasarana, serta mengecek kelaikan armada yang menyinggahi pelabuhan Gunungsitoli.

"Semua kendala yang ada di pelabuhan Gunungsitoli telah kita benahi seperti menertibkan pedagang asongan, membuat tali pembatas pejalan kaki dengan kendaraan," katanya. 
 

Pewarta: Juraidi dan Irwanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019