Jakarta (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di atas kapal KM Dobonsolo yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pelaksanaan upacara di atas top deck/dek paling atas adalah sesuatu yang unik dan sudah menjadi tradisi bagi PELNI untuk mensyukuri dan menghargai segala bentuk perjuangan para pahlawan RI," ujar Kepala Kesekretariatan PELNI Yahya Kuncoro dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu.

Direktur Utama PELNI Insan Purwarisya L Tobing bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila yang dihadiri oleh Jajaran Direksi PT PELNI, para kantor , Nahkoda dan ABK KM. Dobonsolo, serta segenap karyawan PELNI Cabang Tanjung Priok dan kantor pusat di atas KM. Dobonsolo.

"Suatu sensasi berbeda upacara di atas kapal. Rasa bangga, haru menyatu ketika mengikuti upacara di Top Dek kapal. Nasionalisme tumbuh menjadikan lautan memberikan harapan," kata Yahya.

KM. Dobonsolo pada angkutan lebaran 2019 diperbantukan untuk rute dari Jakarta ke Semarang guna mendukung program pemerintah dalam program Mudik Gratis sepeda motor dari Jakarta-Semarang sebagai upaya mewujudkan keselamatan transportasi.

Kapal 3in1 yang dapat mengangkut orang, kendaraan dan alat berat milik PELNI yang mampu mengangkut 2.500 orang dan 1.250 sepeda motor ini tiga kali berangkat dari Jakarta, tanggal 30 Mei, 1 dan 3 Juni 2019 dan pada arus balik akan berangkat tanggal 8, 10 dan 12 Juni 2019 dari Semarang-Jakarta.

Pada angkutan lebaran 2019 ini PELNI mengoperasikan 26 kapal trayek nusantara dengan 83 pelabuhan singgah melayani 1.239 ruas dengan total kapasitas angkut menjadi 54.967 pax atau seat sudah termasuk kapasitas toleransi yang telah disetujui Kemenhub. Selain itu PELNI juga mengoperasikan 46 trayek kapal perintis menyinggahi 305 pelabuhan, 4.620 ruas dengan kapasitas 13.961 pax per hari.

PELNI merupakan perusahaan BUMN yag bergerak di bidang transportasi angkutan penumpang. Saat ini PT PELNI mengoperasikan 26 trayek kapal penumpang, 46 trayek kapal perintis, 9 kapal Tol Laut dan satu kapal ternak.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019