Dari hasil yang kami lihat di lapangan, harga kebutuhan pokok masih aman. Namun biasanya dengan semakin dekatnya hari Lebaran, harganya akan naik perlahan
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Hamdhani menginginkan harga pangan berbagai kebutuhan pokok masyarakat yang kemungkinan bakal meningkat menjelang Lebaran agar dapat benar-benar diantisipasi dengan optimal oleh berbagai pihak terkait.

"Dari hasil yang kami lihat di lapangan, harga kebutuhan pokok masih aman. Namun biasanya dengan semakin dekatnya hari Lebaran, harganya akan naik perlahan," kata Hamdhani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Politisi Partai Nasdem itu mengingatkan tugas Satgas Pangan untuk terus mengawasi beragam aktivitas yang dapat melesatkan harga seperti bila ada yang melakukan penimbunan sejumlah bahan pangan.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diperolehnya, memang saat ini beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga, tetapi kenaikan tersebut dinilai masih berada dalam batas yang wajar.

"Kami masih menemukan beberapa harga kebutuhan pangan yang belum turun seperti ayam, telur dan bawang putih, namun masih dalam batas yang wajar," katanya.

Hamdhani dan sejumlah anggota Komisi VI DPR telah melakukan sidak ke sejumlah pasar seperti ke Pasar Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, 27 Mei 2019.

Ia mengemukakan bahwa stok berbagai kebutuhan pokok di pasar-pasar rakyat harus terus dijaga ketersediaannya saat Lebaran dan setelahnya.

Sebagaimana diwartakan, pedagang berbagai sejumlah kebutuhan pangan yang melakukan tindakan nakal seperti sengaja menaikkan harga yang membumbung tinggi untuk mengambil kesempatan seenaknya perlu untuk segera ditindak tegas oleh berbagai lembaga pemerintah terkait.

"Pemerintah sebaiknya menginformasikan hal ini kepada publik bahwa siapa saja pedagang yang menaikkan harga kebutuhan pokok tanpa melalui standardisasi yang tepat akan segera ditindak agar masalah ini dapat teratasi," kata Anggota Komisi VI DPR RI Linda Megawati.

Linda mengingatkan bahwa pada periode bulan puasa hingga jelang lebaran nanti hampir bisa dipastikan bahwa harga komoditas pangan akan merayap naik.

Untuk itu, ujar dia, pemerintah dinilai perlu segera melakukan standardisasi harga pangan agar harga tidak melesat tinggi yang akan memberatkan banyak warga.

Politisi Demokrat itu mengemukakan, dalam kunjungannya ke berbagai pasar dan melihat harga-harga yang melambung, banyak masyarakat bawah yang tidak mampu membelinya.

Baca juga: Mendag : Harga bahan pangan cenderung normal di Bandung
Baca juga: Wali Kota Palangka Raya pantau harga bahan pangan di pasar

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019