counter

Tinju

Ruiz manfaatkan berat badan untuk tumbangkan Joshua

Ruiz manfaatkan berat badan untuk tumbangkan Joshua

Anthony Joshua (kiri) akan dihadapi Andy Ruiz Jr dalam pertarungan tinju kelas berat memperebutkan gelar juara dunia tiga versi (Action Images via Reuters/ANDREW COULDRIDGE)

Jakarta (ANTARA) - Andy Ruiz Jr. akan memanfaatkan kelebihan berat badan sebagai senjata dalam melawan juara dunia tinju kelas berat Anthony Joshua ketika keduanya bertarung di Madison Square Garden, Minggu pagi WIB esok.

Joshua akan mempertahankan gelar juara kelas berat versi IBF, WBA dan WBO melawan Ruiz yang sedang berusaha menjadi juara dunia kelas berat pertama dari Meksiko.

Jika Joshua yang bertinggi 198 cm ditimbang seberat 247 1/2 pound untuk debutnya bertarung di Amerika Serikat, Ruiz justru ditimbang lebih berat pada 268 pound, Jumat waktu AS lalu.

Petinju berusia 29 tahun itu berharap kelebihan berat badan akan membantunya mengatasi keuntungan tinggi dan jangkauan pukulan lawannya.

Baca juga: Andy Ruiz nikmati status underdog

"Itu strategi pertandingan saya," kata Ruiz kepada wartawan. "Kami menghadapi orang besar yang lebih tinggi dari saya. Oleh karena itu saya akan memanfaatkan berat badan saya dengan baik sehingga pukulan saya mendarat lebih keras."

Joshua memiliki catatan tak terkalahkan dengan 22 kali menang yang 21 di antaranya lewat KO, untuk menghadapi Ruiz yang bercatatan 32 kali 1 kalah menang, dengan 21 kemenangan di antaranya lewat KO.

Joshua tadinya akan bertanding melawan Jarrell Miller tetapi Komisi Atletik Negara Bagian New York menolak menerapkan sanksi untuk pertarungan itu setelah Miller gagal pada tes doping.

"Besok malam, saya melempar gelar ke udara sehingga bebas untuk direbut," kata Joshua seperti dikutip Reuters. "Saya dan dia akan perang. Jadi, yang terbaik yang menang."

Baca juga: Wilder segera tanding ulang lawan Fury

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar