Purwakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga menyatakan sistem "contra flow" (lawan arah) yang diterapkan di jalan Tol Jakarta-Cikampek diintegrasikan dengan sistem "one way" (satu arah) terpanjang hingga Kilometer 414 Gerbang Tol Kali Kangkung.

Corporate Communications Department Head Irra Susiyanti, di Cikampek, Sabtu, mengatakan, pada arus mudik lebaran tahun ini, tidak hanya dilakukan "one way", Jasa Marga dengan diskresi kepolisian juga memaksimalkan lajur "contraflow".

"Sejak pukul 15.15 WIB lajur contraflow diperpanjang dari Kilometer 29 sampai Kilometer 70 jalan Tol Jakarta-Cikampek. Sebelumnya sampai Kilometer 53," katanya dalam siaran pers yang diterima di Cikampek.

Ia menyampaikan, saat ini berlaku kombinasi dua rekayasa lalu lintas sekaligus dengan jarak yang cukup panjang.

Kombinasi itu ialah contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di titik awal Kilometer 29 sampai Kilometer 70 yang terintegrasi dengan one way di Kilometer 70 Gerbang Tol Cikampek Utama sampai Kilometer 414 Gerbang Tol Kali Kangkung.

Sementara itu, saat ini Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan masih terpantau padat di beberapa titik, terutama menjelang rest area.

Kondisi itu terjadi akibat adanya antrean masuk kendaraan menuju rest area. 

Baca juga: Penerapan "One Way" diperpanjang sampai gerbang Tol Kali Kangkung
Baca juga: "Contra Flow" dan "One Way" akan diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019