Jakarta (ANTARA) - Banyak yang tidak menyangka mendiang Ibu Negara ke-6 Ani Yudhoyono gemar mencoba makanan khas Indonesia, selama ini hobi fotografinya yang paling menonjol di akun pribadi media sosialnya.

Dalam unggahan-unggahan di akun Instagram pribadi, Bu Ani membagikan kegiatannya bersama suaminya Susilo Bambang Yudhoyono saat makan makanan khas daerah atau mengunjungi sentra oleh-oleh makanan.

Januari lalu, Bu Ani membagikan video mereka sarapan pagi di sebuah rumah makan soto saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara.

Saat ke Garut, Jawa Barat, pada November 2018, Bu Ani menyempatkan diri untuk mampir membeli penganan khas daerah tersebut, dodol.

"Banyak pilihan rasa, namun, saya tetap suka yang rasa wijen, sedangkan Pak SBY pilih yang rasa kombinasi dan yang dibungkus pakai daun jagung," tulis Bu Ani di akun @aniyudhoyono.
 

Pada sesi bincang-bincang Talkshow Rosi bersama Rosiana Silalahi bertajuk "SBY: Makan tanpa sambal, bagai malam tak berbintang" pada Agustus 2016, SBY membocorkan makanan kesukaan Bu Ani yang tidak pernah absen dibawa: cokelat.

"Ada di sini, ada di sini," kata SBY sambil menepuk kantong kiri dan kanan dan tertawa.

"Duh, jangan ketahuan," Bu Ani menimpali sambil tertawa.

Bu Ani membenarkan dia sangat menyukai cemilan cokelat, ke mana pun dia pergi, cokelat tersebut selalu disiapkan untuk menjamunya.

"Padahal, pingin yang lain," canda SBY.

Bu Ani sangat memperhatikan makanan kesukaan masing-masing anggota keluarganya, terutama sang suami yang sangat menyukai makanan pedas. Salah satu tugas Bu Ani saat mendampingi SBY pada jamuan makan yaitu mengantongi cabai rawit.

Bu Ani hapal betul SBY sangat menyukai makanan pedas sehingga wajib membawa cabai rawit ke mana pun mereka pergi. Jika tidak ada, mereka membawa saus sambal atau cabai bubuk.

"Kalau saya kebagian suruh bawa, di tas kecil pas lagi dinner. Kalau lupa, makan jadi tidak enak menurut Bapak. Padahal, dagingnya sudah enak betul," kata dia.

Perhatian Bu Ani soal makanan juga dirasakan menantunya, Annisa Pohan, istri Agus Yudhoyono. Annisa bergantian dengan anggota keluarga lainnya menjaga Bu Ani selama menjalani perawatan untuk kanker darah di National University Hospital di Singapura.

Pertengah Mei lalu, Annisa mengunggah kebersamaan dengan Bu Ani saat berbuka puasa di akun Instagram @annisayudhoyono. Bu Ani, kata Annisa, selalu menyiapkan makanan kesukaan anak dan cucunya saat berbuka puasa.

"Biasa Memo (panggilan untuk Bu Ani) paling sibuk nanyain masing-masing anak dan cucu mau berbuka puasa apa karena selera yang berbeda dan Memo berusaha mengakomodasi semua, jadi lah meja makan penuh menampung beraneka jenis makanan," kata Annisa.

Bu Ani juga hapal makanan kesukaan Annisa, bakso, sampai berkomentar "pasti bakso terus nih".

Ani Yudhoyono meninggal dunia di NUH, Singapura setelah beberapa hari ini dirawat intensif akibat kanker darah yang menyerangnya sejak Februari lalu. Ani Yudhoyono tidak menyerah dan patah semangat setelah divonis kanker, unggahan-unggahannya selalu menunjukkan semangatnya untuk sembuh, dia juga menyemangati pejuang kanker lainnya untuk sembuh.


Baca juga: Fish and chips, penganan favorit Ibu Ani

Baca juga: Selamat jalan Ibu Ani Yudhoyono ....

Baca juga: Renny Sutiyoso dan Happy Salma kenang Ani Yudhoyono sosok rendah hati

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019