Di Facebook, kami melihat pelaku usaha UKM tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian, namun juga sebagai inti dan jiwa dari komunitas kami
Surabaya (ANTARA) - Perwakilan Facebook mengunjungi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi yang selama ini dinilai sebagai penggerak perekonomian di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Di Facebook, kami melihat pelaku usaha UKM tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian, namun juga sebagai inti dan jiwa dari komunitas kami," kata Head of Community Affairs, Asia Pacific Facebook, Beth Ann Lim saat berkunjung di UKM Ina Pie Jalan Gresik Asrama Brimob, Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, tekad, kreativitas dan kegigihan para pelaku UKM tersebut merupakan hal yang menjadikannya sukses, walaupun mereka dihadapi oleh beragam tantangan seperti kesulitan dalam memberikan Iayanan dan produk, menggaet calon konsumen baru, merekrut pegawai baru hingga berkompetisi di tingkat global.

Setiap hari, lanjut dia, pihaknya fokus membantu bisnis UKM untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari Facebook melalui pengenalan produk, pelatihan dan alat-alat yang dapat digunakan mereka untuk belajar.

"Facebook mengerti banyak tantangan yang dihadapi pelaku usaha UKM untuk merealisasikan ide-ide mereka," katanya.

Tentunya, lanjut dia, pihaknya mengetahui bahwa teknologi yang mampu membantu mereka dalam hal tersebut. Untuk itu, lanjut dia, pihaknya ingin semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membangun ketrampilan, membangun bisnis dan membangun komunitas.

"Kami percaya bahwa dengan mendukung bisnis mereka UKM, kami dapat melihat hal-hal yang luar biasa ke depannya," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, Facebook membuat program #SheMeansBusiness yang sudah berjalan di Indonesia sejak 2016 untuk mengapresiasi dan memberdayakan perempuan wirausaha di seluruh Aia Pasifik, termasuk Indonesia.

Program tersebut akan membekali perempuan wirausaha dengan ilmu, koneksi, ketrampilan dan teknologi yang dibutuhkan dalam membangun dan mengembangkan bisnis mereka.

Ia juga mengapresiasi UKM Ina Pie Jalan Gresik yang dinilai sukses mengembangkan usahanya melalui Pahlawan Ekonomi. Ia berharap usaha yang digeluti selama kurang lebih 10 tahun tersebut bisa lebih maju lagi.

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019