Jakarta (ANTARA) - Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat sekaligus mantan politikus Partai Demokrat M. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mengenang mendiang Ibu Negara 2004-2014 Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono sebagai sosok yang amat cinta terhadap sang suami, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

"Beliau memang lahir batin cinta pada suaminya, dan itu sukses, berhasil," ujar TGB saat baru tiba di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Menurut TGB, Ani Yudhoyono merupakan sosok istri yang sangat perhatian terhadap suami. Dalam beberapa kesempatan, dia kerap menyaksikan langsung bentuk perhatian yang dicurahkan Ani terhadap SBY.

"ketika SBY sedang menyampaikan sesuatu, itu beliau (Ani Yudhoyono) mengambilkan tisu kepada pak SBY sebelum pak SBY sadar, beliau sudah terlebih dahulu memberikan tisu," kata TGB.

Baca juga: Tuan Guru Bajang melayat ke Cikeas

"Beliau permata yang kasat mata. Beliau adalah orang yang sangat mencintai pak SBY," katanya.

TGB menambahkan kepergian mendiang Ani Yudhoyono menjadi sebuah kehilangan besar bagi bangsa Indonesia.

"Menurut saya beliau adalah salah satu sosok teladan perempuan Indonesia yang terbaik dan semoga Allah merahmati beliau," ujarnya.

TGB mengaku ingin ikut melakukan sholat jenazah dan mendoakan Ani Yudhoyono, serta mengantarkan jenazahnya hingga ke pemakaman.

Baca juga: Annisa Pohan unggah video Ani Yudhoyono yang energetik di RS

Baca juga: Masyarakat umum melayat Ani Yudhoyono

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019