Palembang (ANTARA) - Penjualan Pertamax mengalami kenaikan signifikan pada momen Lebaran 2019 dengan mencatat persentase 19,1 persen untuk produk gasoline sejak beroperasinya Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri 1440 H yang dimulai tanggal 21 Mei 2019.

Region Manager Communication & CSR PT Pertamina Sumbagsel Rifky Rakhman Yusuf di Palembang, Minggu, mengatakan tren konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menunjukkan peningkatan siginifikan terutama BBM jenis Pertamax, kemudian disusul Bio Solar meningkat 31.9 persen untuk gasoil.

Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri (Satgas Rafi) yang bertugas memastikan kelancaran distribusi dan keamanan stok BBM serta LPG ini akan bertugas hingga H+15, yaitu tanggal 21 Juni 2019. “Dari rata-rata harian normal, ada peningkatan sekitar 19,1 persen untuk produk Pertamax, disusul Pertalite naik 11,4 persen, kemudian Premium 5,9 persen,” kata dia.

Namun, Pertamax Turbo mengalami penurunan sekitar 6,4 persen, sedangkan untuk gasoil, Bio Solar masih berada di peringkat tertinggi yaitu naik 31,9 persen, disusul Pertamina Dex 25 persen dan Dexlite 17,2 persen.

Puncak konsumsi BBM tertinggi terjadi pada tanggal 30 Mei 2019, berdasarkan data yang kami terima juga peningkatan konsumsi ini dikarenakan jumlah kendaraan yang masuk melalui ruas jalan Bakauheuni - Terbanggi Besar mencapai 18 ribuan kendaraan.

“Jika dibandingkan hari-hari sebelumnya, memang tanggal 30 Mei merupakan puncak tertinggi arus mudik yang melintas di jalur Sumatera," katanya.

Konsumsi BBM pada tanggal tersebut meningkat 171 persen untuk Pertamax, Pertalite 130 persen jika dibandingkan satu hari sebelumnya. Sedangkan Pertamax Turbo naik 132 persen pada tanggal 26 Mei dan Premium mengalami penjualan tertinggi pada tanggal 28 Mei yaitu naik 115 persen.

Untuk produk gasoil, lanjut Rifky, tren konsumsi tertinggi Bio Solar terjadi pada tanggal 23 Mei yaitu naik 142 persen, Dexlite pada 25 persen yaitu 177 persen serta Pertamina Dex 259 persen pada 22 Mei.

Rifky berharap, melalui penyediaan varian produk untuk BBM ini, para pemudik dapat memilih produk berkualitas yang terbaik untuk kendaraannya.

“Karena perjalanan mudik ini adalah perjalanan yang mencari kenyamanan, sehingga kami menghimbau para pemudik untuk menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series,” kata Rifky.*
 

Baca juga: Pertamina tambah SPBU modular dan mobil dispenser di JTTS

Baca juga: Pertamina jamin ketersediaan BBM di Tol Palembang-Lampung


Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019