Palembang (ANTARA) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Irwan minta kepada petugas dalam jajarannya untuk membantu sepenuhnya aparat Kepolisian dalam memperlancar arus mudik lebaran.

Hal ini karena arus mudik dan balik Idul Fitri harus aman dan berjalan lancar, kata Pangdam dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Minggu.

Sehubungan itu agar setiap petugas yang bertugas di lapangan dapat bersinergi dan berkoordinasi dengan baik dalam memperlancar arus mudik dan balik Idul Fitri tersebut.

Pangdam juga meminta kepada Korem 044/Garuda Dempo untuk dapat membackup penuh aparat Polda Sumsel terkait pengamanan arus mudik dan cuti lebaran.

Yang jelas, pengamanan, seperti di tempat ibadah, tempat wisata, rest area, exit tol maupun jalan utama lainnya harus diutamakan.

Begitu juga keamananan lingkungan selama libur lebaran dapat dijadikan prioritas utama.

Sementara Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara juga menekankan agar semua personel yang bertugas di Posko terpadu dapat menyiapkan dirinya masing-masing dengan baik, demi kelancaran selama mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

“Secara umum arus mudik lebaran sampai dengan saat ini berjalan lancar berkat kerja sama aparat keamanan dengan pemerintah dalam melayani masyarakat”, ujar dia.

Sementara Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Arh Sonny Septiono mengatakan, secara keseluruhan jajarannya sudah siap bersinergi dengan aparat Kepolisian dan yang lainnya selama pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik lebaran.

“Kami berharap, dengan adanya kesiapan dan koordinasi yang kami lakukan dengan baik, arus mudik dan balik lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar”, kata dia.

Sebagaimana Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Pangdam II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel dan Danrem Garuda Dempo telah memantau posko mudik lebaran.

Posko yang ditinjau antara lain Pos Pengamanan mudik lebaran di Polsek Kertapati dan Jakabaring Palembang.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019