counter

Padang larang kendaraan roda enam ke Air Manis saat libur Lebaran

Padang larang kendaraan roda enam ke Air Manis saat libur Lebaran

Foto udara Pantai Air Manis Padang (Antara Sumbar/Iggoy El Fitra)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang melarang kendaraan roda enam ke lokasi objek wisata Pantai Air Manis pada libur Lebaran untuk mencegah terjadinya kemacetan.

"Belajar dari pengalaman Lebaran tahun lalu, libur Lebaran tahun ini kami melarang bus masuk ke Air Manis, kalau pun ada penumpang bus disarankan naik kendaraan roda empat," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Didi Aryadi di Padang, Minggu.

Ia menyampaikan menyambut libur Lebaran juga sudah melakukan pembenahan di objek wisata Pantai Air Manis. Salah satunya memasang menara pemantau untuk mengawasi aktivitas masyarakat yang berwisata dan menyampaikan berbagai pengumuman.

Untuk pengawasan wisatawan, dia juga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengantisipasi agar tidak ada masyarakat yang tenggelam saat berenang.

Kemudian mengantisipasi adanya pungutan liar pihaknya sudah berkoordinasi dengan Tim Saber Pungli Kota Padang. "Misalnya di jalan ke Air Manis ada banyak yang meminta sumbangan dengan berbagai dalih ini akan diantisipasi agar tidak ada lagi yang memungut sumbangan," ujarnya

Tidak hanya itu pihaknya juga menyediakan layanan pengaduan bagi wisatawan yang berkunjung ke Padang mengantisipasi praktik pungutan liar di lokasi wisata.
"Bagi warga yang menemukan praktik pungutan liar (pungli) diharapkan melaporkan ke nomor +62 811-7180-117," kata dia.

Menurut dia layanan pengaduan dibuat untuk menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung serta perantau yang berlebaran di kampung halaman. Teknisnya laporan yang masuk akan ditindaklanjuti dan direkam dengan video untuk kemudian disampaikan kepada pelapor, kata dia.

Pantai Air Manis merupakan salah satu lokasi tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran.

Sebelumnya akses kendaraan ke Pantai Air Manis hanya ada satu yaitu masuk dari Mata Air Kecamatan Padang Selatan yang cukup berat karena penuh dengan tanjakan dan tikungan.

Pemerintah membangun jalan baru dari Gunung Padang menuju Pantai Air Manis sehingga akses ke pantai batu Malin Kundang tersebut menjadi lebih mudah karena jalannya besar.

Selain untuk melihat objek wisata batu Malin Kundang Pantai Air Manis menjadi tujuan wisata peselancar pemula.

Pantai Air Manis memiliki ombak berlapis-lapis yang jarang ditemukan di Sumatera sehingga para peselancar pemula berkunjung untuk berselancar.

Selain itu, Pantai Air Manis juga memiliki lingkungan yang kaya akan hutan tropis sehingga jika direvitalisasi akan menjadi pusat kunjungan wisata yang sayang untuk dilewatkan.*


Baca juga: Padang percantik kawasan Pantai Air Manis

Baca juga: Pengingat legenda Malin Kundang di Pantai Air Manis

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PAD Gunungkidul tembus Rp1,7 miliar

Komentar