jaga pola makan dan istirahat selama mudik. Lebaran memang setahun sekali, tetapi kondisi kesehatan tubuh juga harus menjadi perhatian utama masyarakat
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) paling banyak dialami masyarakat Kepulauan Riau saat mudik Lebaran, kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana.

"Biasanya dipengaruhi daya tubuh menurun, akibat kurangnya istirahat serta mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung santan secara berlebihan saat Lebaran," ujar dia di Tanjungpinang, Minggu.

Ia mengatakan ISPA merupakan infeksi yang mengganggu pernapasan yang umumnya disebabkan oleh virus. Virus itu dapat menyerang area hidung, trakea, dan paru-paru.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat Kepri mengurangi makan makanan berlemak yang menjadi ciri khas pada hari raya, seperti rendang, opor ayam, dan "seafood".

Sebagai penggantinya, Tjetjep meminta masyarakat memperbanyak konsumsi buah-buahan, makanan yang mengandung protein, seperti ikan serta meminum air putih delapan gelas setiap hari.

"Jangan lupa juga untuk aktif cek kesehatan ke dokter atau puskesmas terdekat saat Lebaran," kata dia.

Tjetjep juga mengimbau warga yang melaksanakan mudik supaya membawa obat-obatan untuk menjaga kesehatan.

Karena, kata dia, selain ISPA, saat Lebaran penyakit hipertensi juga rentan menyerang masyarakat.

"Intinya tetap jaga pola makan dan istirahat selama mudik. Lebaran memang setahun sekali, tetapi kondisi kesehatan tubuh juga harus menjadi perhatian utama masyarakat," kata dia.

Pewarta: Ogen
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019