PMI siagakan relawan terlatih di Jalur mudik

PMI siagakan relawan terlatih  di Jalur mudik

Posko PMI Cianjur, Jawa Barat, siagakan puluhan relawan terlatih, dua unit ambulan dan dua unit sepeda motor untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik yang membutuhkan bantuan.(Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, Jawa Barat, selama 24 jam menyiagakan relawan terlatih di sepanjang jalur mudik lebaran untuk membatu pemudik yang membutuhkan pertolongan medis.

Sekertaris PMI Cianjur, Heri Hidayat di Cianjur Minggu, mengatakan pos pelayanan kesehatan PMI khusus untuk pemudik tersebut sudah didirikan dan mulai beroperasi pada H-5 hingga H+4.

"Tahun sebelumnya PMI Cianjur hanya mendirikan dua posko pelayanan kesehatan bagi mudik. Kedua posko tersebut ada di wilayah Gekbrong dan Tugu Pramuka-Karangtengah," katanya.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik tersebut, PMI Cianjur melibatkan 30 relawan terlatih dengan dua unit ambulan dan dua unit sepeda motor untuk memudahkan kinerja tim saat melakukan penanganan.

"Bagi pemudik yang mengalami kecelakaan atau pun sakit dalam perjalan akan segera tindak di pos pelayanan sebelum dirujuk ke rumah sakit terdekat," katanya.

Meskipun posko pelayanan kesehatan PMI ada di dua lokasi namun pihaknya telah menyiapkan tim khusus untuk menjangkau lokasi yang sulit seperti di tengah kemacetan atau pelosok.

Tidak hanya itu PMI Cianjur juga menyediakan layanan khusus bagi pemudik yang membutuhkan pertolongan dapat menghubungi layanan Call Center ke 0263261565.

"Sampai hari ini, kami belum mencatat adanya pemudik yang melakukan pemeriksaan kesehatan atau yang mengalami kecelakaan berat, namun untuk kecelakaan ringan sudah ada beberapa orang," katanya.

Baca juga: Jalur Cianjur mulai dipadati kendaraan pemudik menuju Bandung
Baca juga: Arus mudik di Cianjur masih normal
Baca juga: Polres libatkan jajaran pos pam untuk patroli

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Cianjur, pelanggaran pelaksanaan pemilu tertinggi di Jabar

Komentar