Lhoksukon, Aceh (ANTARA) - Lhoksukon – Satuan Reskrim Polres Aceh Utara, Provinsi Aceh meringkus tiga orang kawanan pembobol ATM asal Sumatera Utara, di kawasan Matang Kumbang, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, Minggu.

"Tiga orang kawanan pembobol ATM ini kami ringkus di kawasan Matang Kumbang, Aceh Utara. Berdasarkan kartu identitas, masing-masing mereka berinisial MA (44) warga Medan Marelan, SB (42) warga Medan Belawan, dan M (39) warga Medan Marelan," ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkyan mewakili Kasat Reksrim Polres Aceh Utara Iptu Rezky Kholiddianyah.

Dalam penangkapan terhadap tiga pelaku pembobolan ATM tersebut, polisi terpaksa melumpuhkannya dengan tembakan karena saat disergap berupaya melarikan diri.

"Terpaksa kami lumpuhkan dengan tembakan, karena mereka berusaha melarikan diri dari kejaran petugas," ujar Kasat Reskrim yang langsung memimpin penangkapan tersebut.

Iptu Rezky Kholiddianyah menyatakan pembobol ATM tersebut sebelumnya telah beraksi di kawasan Aceh Tengah, Kabupaten Bireun dan juga Kota Lhokseumawe.

"Mereka sebelumnya telah beraksi di beberapa daerah, seperti Aceh Tengah, Kota Lhokseumawe dan juga Bireun. Dalam menjalankan aksinya, dengan mengganjal mulut kartu di mesin ATM,” katanya lagi.

Terkait aksi yang dilakukan oleh komplotan tersebut, pihaknya berhasil mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza serta uang puluhan juta rupiah yang diduga hasil dari kejahatan tersebut.

Saat ini para pelaku sedang menjalani perawatan di Puskesmas Lhoksukon, dan akan dijemput pihak Reskrim Polres Bireun untuk pengusutan lebih lanjut terkait aksi mereka di wilayah tersebut.

"Nanti mereka dijemput pihak Reskrim Polres Bireun, Tiga orang pelaku ini kami serahkan ke kesana, karena TKP aksi para pelaku ada di Bireun dan Takengon," ujar Kasat Reskrim Polres Aceh Utara.

Pewarta: Mukhlis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019