Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melayani pemudik dengan membuka "Posko Mudik Penumpang Kereta Ekonomi" di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, yang beroperasi sejak Sabtu (1/6).

Peninjauan lokasi posko dilakukan pada Minggu dihadiri Senior Manager Kesehatan PT KAI DAOP 1 Jakarta Listyowati, Direktur Rumah Sehat Baznas Indonesia (RSBI) M Ridho dan Wakil Kepala Baznas Tanggap Bencana (BTB) Taufiq Hidayat.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta mengatakan posko memberikan pelayanan secara gratis kepada pemudik kereta kelas ekonomi yang akan pergi ke kampung halaman menggunakan kereta api.

"Pelayanan yang diberikan berupa layanan kesehatan, obat-obatan, makanan dan takjil gratis, juga tempat untuk beristriahat," kata dia.

Baznas, kata dia, juga membuka Posko Mudik Jalur Sepeda Motor di sejumah titik di jalur selatan, utara dan Yogyakarta, yaitu di Masjid Baiturohim Jalan Dewa Pakijangan Brebes, Masjid Jami Al Mahdiyin Desa Ciaro Nagreg Bandung dan SPBU Ambarketawang Sleman, Yogyakarta.

Dia mengatakan posko layanan mudik tersebut memberikan pelayanan berupa pijat gratis, layanan dapur air, tempat beristrirahat dan layanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dan perawat dari Rumah Sehat Baznas (RSB).

Arifin mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga diri dan kewaspadaan selama menjalani libur Lebaran, terutama pemudik dengan sepeda motor.

Menurut dia, kecelakaan yang terjadi akan menimbulkan kemiskinan yang baru.

"Posko Baznas memberikan pelayanan kepada para pemudik secara gratis, posko ini melayanai pemudik hingga H+7 Lebaran," katanya.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019