Sementara untuk Jalan Wates ini arus lalu lintas normal tidak ada kemacetan sama sekali
Sleman (ANTARA) - Arus lalu lintas di sepanjang jalur mudik Purworejo-Yogyakarta di Jalan Wates, khususnya di wilayah Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu malam atau "H-3" Lebaran 2019 masih terpantau landai.

Pantauan ANTARA pada pukul 21.00 WIB tidak ada peningkatan atau penumpukan arus kendaraan di sepanjang ruas jalan itu baik yang melintas dari luar maupun dari dalam Kota Yogyakarta.

"Sementara untuk Jalan Wates ini arus lalu lintas normal tidak ada kemacetan sama sekali," kata Perwira Pos Pengamanan (Pos Pam) Gamping Iptu Totok Subaryanto di Sleman, Minggu malam.

Karena arus kendaraan cukup lancar, menurut Totok, hingga saat ini belum diperlukan rekayasa lalu lintas. Penutupan penggalan jalan hanya diterapkan di kawasan Pasar Tradisional dan Pasar Buah Gamping yang padat aktivitas penduduk.

"Kendaraan angkutan barang seperti truk juga masih diperbolehkan melintas karena kondisinya masih lancar," ucap dia.

Menurut dia, pada "H-3" Lebaran tahun ini situasi lalu lintas di Jalan Wates cukup lengang. Berbeda dengan periode yang sama tahun lalu di mana volume kendaraan cukup padat sehingga menimbulkan kemacetan di beberapa titik.

"Menurt informasi tahun ini banyak kendaraan mudik lebaran khususnya dari Jakarta yang memilih melalui jalan tol," tuturnya.

Sementara itu, untuk kejadian kecelakaan lalu lintas, sejak "H-10" hingga "H-3" Lebaran tidak ada yang menonjol. Kecelakaan lalu lintas dengan luka ringan, menurut Totok, hanya tercatat satu kali yang melibatkan kendaraan roda dua.

"Ada satu kejadian (laka), tapi hanya luka ringan antara pengendara sepeda dengan kendaraan roda dua. Kalau roda empat tidak ada," kata dia.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019