Enam imbauan mudik aman jelang lebaran

Enam imbauan mudik aman jelang lebaran

Sejumlah kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 15, Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/6/2019). (Antara/Katriana)

Meski jenuh, pengendara tetap perlu mematuhi aturan berkendara agar perjalanan bersilaturahmi ertemu keluarga menjadi aman dan lancar.
Bekasi (ANTARA) - Perjalanan mudik menuju kampung halaman merupakan aktivitas yang kadang dianggap menjenuhkan bagi sebagian orang, terutama bagi pengendara yang melakukan perjalanan saat sedang berpuasa.

Meski jenuh, pengendara tetap perlu mematuhi aturan berkendara agar perjalanan bersilaturahmi ertemu keluarga menjadi aman dan lancar.

Nah, berikut ini adalah imbauan berkendara menurut Kepala Shift Layanan Jalan Tol Jasa Marga Mansur Hidayat agar perjalanan mudik menjadi aman.

1. Hindari kantuk

Kantuk merupakan salah satu kondisi yang tidak bisa dihindari saat pengendara mengalami kelelahan. Namun, perlu diantisipasi dengan tidur atau istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

2. Istirahat cukup

Istirahat cukup sehingga tubuh kembali bugar adalah salah satu langkah antisipasi paling penting sebelum berkendara.

3. Jaga kondisi kendaraan

Selain menjaga kondisi tubuh, pengendara juga perlu menjaga kondisi kendaraannya agar tidak menemui masalah kerusakan saat berada di tengah jalan.

4. Jaga jarak aman

Menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan juga perlu diperhatikan supaya pengendara tidak terkena masalah dengan pengendara lain.

5. Sesuaikan kapasitas muatan

Jika kapasitas kendaraan hanya cukup memuat 4-5 orang, jangan memaksakan diri untuk memuat 9-10 orang karena akan membahayakan keselamatan diri sendiri dan penumpang.

6. Bawa kelengkapan surat berkendara

Periksa dan lengkapi juga surat-surat berkendara yang perlu dibawa sebelum berkendara agar tidak terkena tilang di jalan.

Dari enam imbauan tersebut di atas, imbauan di poin mana nih yang belum kamu lengkapi? Sudah siap melakukan perjalanan mudik Lebaran?
Baca juga: Ridwan Kamil imbau warga pastikan listrik rumah aman sebelum mudik
Baca juga: Cegah mesin overheat saat perjalanan mudik
Baca juga: Ban dan keseimbangan mobil perlu diperiksa sebelum mudik

Pewarta: Katriana
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KILAS BALIK 2019 - MEI: RI jadi Presiden DK PBB, terpilihnya kembali Jokowi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar