Kendaraan yang melintasi tol Jakarta-Cikampek umumnya menuju arah Jawa
Bekasi (ANTARA) - Jasa Marga mencatat volume lalu lintas kendaraan yang melewati jalan tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, arah Trans-Jawa pada H-3 Lebaran 2019 menurun dibandingkan hari sebelumnya.

Kepala Humas Jasa Marga Bekasi Hendra Damanik , Senin di Bekasi menjelaskan, pihaknya mencatat ada sekitar 87.000 kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek pada H-4 Lebaran atau pada 1 Juni 2019.

Sedangkan pada 2 Juni atau H-3 Lebaran, volume yang tercatat sebanyak 75.648 kendaraan.

Kepala Humas Jasa Marga Bekasi Hendra Damanik mengatakan kendaraan yang melintasi tol Jakarta-Cikampek umumnya menuju arah Jawa.

"Terkait kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah mana saja, saya kurang tahu. Tapi yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek rata-rata menuju arah Jawa," katanya.

Sementara itu, dia menyebutkan volume kendaraan yang melintasi tol Jakarta-Cikampek dari arah sebaliknya atau ke arah Jakarta pada H-3 Lebaran sebanyak 9.217 kendaraan, turun 59 persen dari prediksi sebanyak 23.476 kendaraan.

Pada 3 Juni 2019 atau pada H-2 Lebaran, PT Jasa Marga kembali memberlakukan sistem satu arah sejak pukul 06.25 WIB dari kilometer 70 di gerbang tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai kilometer 414 di gerbang tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Sistem satu arah diberlakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan pada puncak arus mudik maupun arus balik.

Baca juga: Lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek Km 15 sangat lancar

Baca juga: Penerapan "One Way" diperpanjang sampai gerbang Tol Kali Kangkung

Baca juga: Jasa Marga: Hampir 750.000 kendaraan sudah tinggalkan Jakarta

Pewarta: Katriana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019