Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara memperbolehkan warga yang hendak mudik ke kampung halaman untuk memarkirkan kendaraannya di seluruh kantor pemerintahan secara gratis.

Di Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan, di Kecamatan Koja, sudah terparkir tiga unit mobil milik warga. Pemilik kendaraan tersebut dipastikan sudah pulang menuju kampung halaman sejak tiga hari lalu.

"Iya kami memperbolehkan kendaraan milik warga parkir di kantor kelurahan," kata Suhaena, Lurah Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara saat dikonfirmasi, Senin.

Begitu pun di Kelurahan Cilincing yang terparkir masing-masing satu unit mobil dan ambulance milik pengurus Rukun Warga (RW).

​​​​​​Pihak Kelurahan Cilincing pun telah mengeluarkan edaran kepada warga yang berisi terhadap penyediaan lahan parkir hingga himbauan sebelum meninggalkan rumah menuju kampung halaman.

"Kami sudah mengedarkan surat edaran himbauan kepada warga melalui pengurus RT/RW dan LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) sejak H-7 lebaran Idul Fitri," jelas Sugiman, Lurah Cilincing.

Sementara Sekretaris Kota Jakarta Utara, Desi Putra memastikan lahan parkir di Kantor Walikota Jakarta Utara berkapasitas 240 mobil dan seribu sepeda motor. Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) dipastikan bertugas selama 24 jam termasuk di lokasi parkir kendaraan.

"Bagi warga yang hendak parkir kendaraannya sebelum mudik dipersilakan. Jangan lupa untuk memberikan kunci ganda sebelum meninggalkan kendaraannya," tutupnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019