Jakarta (ANTARA) - Louis van Gaal menyarankan Matthijs de Ligt untuk bergabung dengan Manchester City atau Barcelona, bila ingin meninggalkan klub Ajax musim panas ini.

De Ligt, yang telah dikaitkan dengan mantan klub Van Gaal Manchester United, mengatakan bahwa ia masih bingung dengan masa depannya usai tampil mengesankan di Belanda.

Van Gaal juga mengaku setuju dengan saran mantan pelatih Ajax Peter Bosz, yang menyebutkan bahwa De Ligt harus bergabung dengan Manchester City.

Mantan pelatih Manchester United dan timnas Belanda itu juga mengatakan bahwa bek muda tersebut akan cocok bermain di Inggris atau Spanyol.

"Saya berpikir sama," kata Van Gaal kepada Fox Sports yang dikutip Sky Sports pada Senin (03/6). "Namun, De Ligt juga bisa pergi ke Barcelona, karena bek tengah mereka juga tidak terlalu bagus."

"Ia bisa bermain di Barcelona, tetapi ia juga bisa bermain untuk Manchester City dan dalam hal ini saya akan memilih Pep Guardiola dibandingkan Lionel Messi."

Van Gaal juga menyampaikan pendapatnya tentang gelandang Frenkie de Jong, yang sudah setuju bergabung dengan Barcelona dari Ajax.

"Saya rasa akan sangat sulit baginya di sana," katanya. "Bukan hanya karena ia mungkin mendapatkan peran yang berbeda, tetapi ia juga harus bersaing dengan pemain-pemain lain dari starting line-up."

"Ia juga beruntung bahwa Barcelona telah tersingkir di semifinal (Liga Champions), karena dengan begitu status mereka akan berbeda."

"Saya rasa sebagai pemain Anda juga harus memilih klub yang dapat menjamin Anda selalu bisa bermain. Pertanyaannya apakah Barcelona adalah klub yang tepat."

"Saya harap begitu, karena pada usia itu Anda harus bermain setiap pertandingan. Saya sangat positif tentang dia."(sumber Fox Sport & Sky Sport)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019