Solo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta menyiagakan sebanyak 34 ambulans selama arus mudik Lebaran untuk memberikan pelayanan optimal kepada para pemudik.

"Mobil ambulans ini disiagakan di posko mudik dan di puskesmas," kata Kepala DKK Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Senin.

Ia mengatakan beberapa area peristirahatan yang disiagakan mobil ambulans di antaranya area peristirahatan Jalan Adi Sucipto, Terminal Tirtonadi, Jalan Ir Sutami Jurug, Tanjung Anom, dan area Joglo. "Mobil ambulans ini sudah dicek mulai dari kelistrikan hingga sarana prasarana pendukung P3K," katanya.

Ia mengatakan mobil ambulans dan tenaga kesehatan ini akan disiagakan selama 24 jam sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat khususnya para pemudik. "Mobil ambulans ini tidak hanya disiagakan pada saat arus mudik tetapi juga saat arus balik," katanya.

Untuk tenaga kesehatan, dikatakannya, dibagi ke dalam tiga tim dengan masing-masing ada empat petugas Dinas Kesehatan. Para petugas ini disiagakan di setiap posko mudik dengan pembagian sif pagi, siang, dan sore hari.

Sementara itu, pihaknya juga memastikan setiap instalasi gawat darurat (IGD) dan Puskesmas induk tetap beroperasi pada saat Lebaran.

"Saat cuti bersama Puskesmas tetap buka dengan sistem piket. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan darurat juga bisa menghubungi 119. Kami pastikan pelayanan dan obat-obatan cukup," katanya.*


Baca juga: Pemudik peserta BPJS bisa langsung dapat layanan IGD

Baca juga: RSUD Tulungagung buka layanan medis 24 jam selama Lebaran

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019