Dumai (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Batam menyediakan 400 tiket mudik gratis bagi penumpang ferry penyeberangan roro dari Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai dengan lintasan Dumai-Rupat Kabupaten Bengkalis.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam Media Syahrianto di Dumai, Senin, menyebutkan, pelayanan mudik bareng BUMN dilaksanakan pada H-5 Idul Fitri 1440 H ini untuk lintasan Dumai-Rupat karena diprediksi arus penumpang akan melonjak saat mudik Lebaran 2019.

"Lintasan Dumai-Rupat satu pilihan rute di kawasan Indonesia bagian barat, sebagai bentuk kebahagiaan BUMN dapat melayani masyarakat menyambut lebaran yang menggunakan transportasi ferry penyeberangan," kata Syahrianto.

Pelayanan mudik bareng dan gratis ASDP Batam ini dilayani Ferry Roro KMP Muria 465 GT bagi penumpang, dibagi dua keberangkatan, yaitu 400 tiket saat angkutan arus mudik pada 31 Mei 2019, dan 400 tiket lagi untuk arus balik dari Rupat pada 12 Juni 2019.

Program Mudik Bareng BUMN ini baru pertama diadakan di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai untuk lintasan Dumai-Rupat. Selain itu juga melayani dua lintasan gratis lain, yakni Batulicin-Tanjung Serdang sebanyak 800 orang, dan Hunimua-Waipirit sebanyak 900 orang selama arus mudik dan balik.

"Kami bersyukur tahun ini dapat menggelar mudik bareng dengan memberi layanan penyeberangan secara gratis bagi penumpang," katanya.

Program Mudik Bareng BUMN bertujuan untuk mengalihkan pemudik biasa mengendarai sepeda motor ke moda transportasi lebih nyaman dan aman seperti menggunakan bus, kereta api atau kapal ferry.

Selain itu, mudik bareng ini juga menjadi upaya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan, dan dukungan ASDP ini turut menjadi bentuk nyata kehadiran agar dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

"Kami juga berharap bisa mendukung laju perekonomian dan moda ferry terus menjadi pilihan utama masyarakat," ujarnya.

Data Posko Penyeberangan Roro Dinas Perhubungaan Provinsi Riau di Pelabuhan BSJ Dumai mencatat sejak Rabu 29 Mei 2019 hingga Sabtu 1 Juni 2019 jumlah penumpang yang datang dari Rupat sebanyak 3.061 orang dewasa dan anak, sedangkan yang berangkat dari Dumai tercatat 3.179 pemudik dewasa dan anak.

Sedangkan untuk kendaraan yang menumpangi ferry penyeberangan roro datang dari Rupat yaitu, 1.108 unit roda dua, 300 unit roda empat, dan 153 unit kendaraan roda enam. Kemudian untuk keberangkatan dari Dumai, roda dua sebanyak 1.026 unit, 293 roda empat, dan roda enam 154 unit.
 

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019