Boeing telah menyelesaikan pembaruan peranti lunak untuk sistem kontrol penerbangan
San Francisco (ANTARA) - CEO Boeing Dennis Muilenburg mengatakan pada Senin (3/6/2019) bahwa perusahaan berencana untuk mengembalikan pesawat 737 Max yang dilarang terbang secara global dapat kembali ke layanan komersial pada akhir tahun ini, CNBC melaporkan.

Muilenburg mengatakan kepada outlet berita AS bahwa Boeing sedang melakukan penerbangan simulasi dengan regulator keselamatan udara minggu ini dan berharap untuk mendapatkan persetujuan dari regulator penerbangan federal pada akhir tahun untuk layanan penerbangan kembali pesawat 737 Max.

Pesawat Boeing 737 Max telah dikandangkan di seluruh dunia sejak Maret tahun ini, setelah penyelidikan awal menunjukkan bahwa kesalahan dalam sistem kontrol penerbangan mungkin di belakang dua kecelakaan udara fatal yang terpisah di Indonesia dan Ethiopia masing-masing pada Oktober dan Maret. Dua kecelakaan itu menewaskan semua 346 orang di dalamnya.

Muilenburg tidak merinci kapan pabrikan pesawat terbang top AS itu akan mendapat lampu hijau dari Badan Penerbangan Federal AS (FAA), tetapi ia mengungkapkan bahwa Boeing telah menyelesaikan pembaruan peranti lunak untuk sistem kontrol penerbangan.

Mengumumkan penyelesaian pembaruan perangkat lunak pada 16 Mei, Boeing mengatakan mereka juga telah menyelesaikan uji simulator dan uji terbang rekayasa setelah perusahaan menerbangkan 737 Max dengan sistem kontrol penerbangan yang ditingkatkan selama lebih dari 360 jam pada 207 penerbangan.

Muilenburg mengatakan Boeing sedang bekerja keras untuk meraih kembali "kepercayaan yang rusak" dari masyarakat umum yang khawatir tentang keselamatan udara pesawat 737 Max setelah terjadinya dua kecelakaan udara.

Baca juga: Lion Group rugi 20 juta dolar akibat larangan terbang Boeing Max 8
Baca juga: IATA: Boeing 737 MAX mungkin tak beroperasi sampai Agustus

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019