Bahkan untuk penumpang juga sudah disiapkan dispenser air panas di ruang tunggu dan ada juga ruang khusus untuk disabilitas
Kupang (ANTARA) - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Darius Beda Daton, mengatakan fasilitas pelayanan di Bandara El Tari Kupang cukup memadai bagi para pemudik selama masa liburan Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Layanan mudik di Bandara El Tari Kupang sudah kami periksa dan seluruh fasilitasnya cukup memadai," katanya kepada ANTARA di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim pemantau lapangan untuk mengawasi pelayanan mudik di Bandara El Tari pada Jumat (31/5) atau H-6 Idul Fitri.

Selain bandara, pantauan juga dilakukan pada sejumlah pintu jalur transportasi seperti terminal, Pelabuhan Bolok Kupang, dan Pelabuhan Tenau Kupang.

Pihaknya memeriksa berbagai fasilitas seperti loket pelayanan tiket, ruang tunggu, toilet, informasi jadwal pelayaran dan penerbangan, papan informasi, pelayanan difabel, kesiapan posko lebaran, petugas medis, dan lainnya.

Menurutnya, pelayanan mudik Bandara El Tari Kupang di ibu kota provinsi setempat sejauh ini cukup aman dengan banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan para pemudik.

"Bahkan penumpang juga sudah disiapkan dispenser air panas di ruang tunggu dan ada juga ruang khusus untuk disabilitas," katanya.

Darius mengatakan fasilitas pelayanan tidak dikeluhkan para pemudik. Namun, yang dikeluhkan terutama terkait tarif tiket penerbangan yang dinilai mahal.

Pihak otoritas bandara, lanjutnya, juga telah memajang layanan informasi  tentang harga tiket batas atas dan batas bawah.

"Sehingga jika ada agen travel menjual di atas harga batas atas, silakan penumpang komplain ke posko yang disiapkan di bandara," demikian Darius Beda Daton.

Baca juga: Arus mudik di Bandara El Tari mulai meningkat

Baca juga: 10 pesawat dipastikan angkut pemudik dari Kupang

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019